Bagaimana Agar Website Muncul di Halaman Pertama Google

Cara Agar website muncul di halaman pertama google

Banyak pelaku bisnis dan UKM yang bertanya, bagaimana sih caranya agar website muncul di halaman pertama google?

Saya sudah bikin website, produk saya sudah saya posting di website, tapi kok begitu saya coba cari di google tidak muncul ya?

Sebenarnya bisa gak sih website kita muncul di google? Kalau perlu bisa gak muncul di halaman pertama dan posisinya urutan pertama?

Jawabannya; Bisa!

Asal tau caranya.. Nah pada artikel kali ini kita akan ulas dengan lengkap semua itu, bagaimana cara membuat website tampil di halaman pertama google.

Simak baik-baik ya!

Cara Agar Website Muncul di Halaman Pertama Google adalah…

Dengan sebuah tekhnik dan strategi yang bernama Search Engine Optimization atau biasa disebut SEO.

SEO adalah berbagai usaha untuk meningkatkan kualitas sebuah website agar disenangi oleh google. Sehingga dengan begitu, ketika seseorang mengetik sebuah kata kunci tertentu di google, seperti “cara membuat website”, maka bisnis kita bisa muncul.

Tentu dalam hal ini, orang harus mengetik kata kunci yang sesuai dengan bisnis anda.

Lebih Dekat Dengan SEO

SEO atau Search Engine Optimization itu ada beberapa jenis dan caranya.

Dilihat dari dimana letak optimasinya maka, SEO terbagi 2 yakni;

  1. On Page SEO: Atau tekhnik optimasi SEO yang dilakukan di dalam sebuah website itu sendiri. Mulai dari memperbaiki kualitas konten, meningkatkan kecepatan loading blog, hingga memasang meta tag tertentu. (Nanti akan kita bahas di bab berikutnya)
  2. Off Page SEO: yaitu tekhnik optimasi SEO yang dilakukan di luar website yang bersangkutan. Hal ini agar website kita mendapatkan rekomendasi dari banyak website berupa link menuju website kita. Semakin banyak yang merekomendasikan kita, semakin baik posisi kita di mata google.

Selain itu, dilihat dari berbagai tekhnik dan cara yang digunakan, maka SEO itu ada 3 yaitu:

  1. White Hat SEO: Yakni tekhnik-tekhnik SEO yang dilakukan yang sesuai dengan kaidah dan aturan-aturan yang dianjurkan mesin pencari seperti google.
  2. Black Hat SEO: berlawanan dari white hat SEO, Black Hat SEO justru menggunakan cara-cara curang atau melanggar aturan dari Search Engine seperti google. Mengapa ada orang menggunakan tekhnik curang? sebab cara ini dianggap lebih cepat untuk membuat sebuah website muncul di halaman pertama google. Hanya saja tentu ada resikonya yaitu, kena penalty/hukuman dari google.
  3. Gray Hat SEO: atau SEO metode abou-abu. Yang memadukan antara white hat dan black hat SEO. Atau cara-cara optimasi SEO dengan tekhnik-teknik yang tidak melanggar aturan google, tapi banyak orang tidak setujui. Menurut Wordstream.Com, sebua agency periklanan online, cara-cara gray hat SEO tidak se-beresiko black hat SEO.

Kita tidak akan bahas Mengenai Black Hat dan Gray Hat SEO di sini. Sebab memang rasanya tidak perlu untuk dilakukan. Cara terbaik dan terbenar untuk mengoptimasi website anda adalah dengan white hat on-page SEO dan off-page SEO.

So, ketika seseorang bertanya, bagaimana agar website muncul di halaman pertama google? Maka jawabannya adalah lakukanlah optimasi SEO di website anda.

Sekarang pertanyaannya adalah…

Mengapa Website Saya Tidak Muncul di Google?

Saat mencoba mencari website anda di google dan ternyata tidak muncul, maka ada beberapa kemungkinan yang membuatnya demikian.

Melalui layanan Support.Google.com, google menyampaikan seperti ini:

Apakah Anda ada di Google?

Tentukan apakah situs Anda berada di indeks Google – Lakukan penelusuran site: untuk URL beranda situs Anda. Jika Anda melihat hasilnya, artinya situs Anda sudah masuk ke dalam indeks. Misalnya, penelusuran untuk “site:wikipedia.org” akan menampilkan hasil ini2.

Jika situs Anda tidak berada di Google – Meskipun Google meng-crawl miliaran halaman, tidak dipungkiri ada beberapa situs yang terlewat. Jika crawler kami melewatkan situs tertentu, hal ini sering kali disebabkan oleh salah satu alasan berikut:

1. Situs tidak terhubung dengan baik dengan situs lain di web
2. Anda baru saja meluncurkan situs baru dan belum di-crawl Google
3. Desain situs mempersulit Google meng-crawl konten secara efektif.
4. Google mendapatkan error saat mencoba meng-crawl situs Anda.
5. Kebijakan Anda memblokir Google meng-crawl situs

Support.google.com

Sebelum Melakukan Optimasi SEO

Search Engine besar seperti google memang tidak pernah membocorkan algoritma-nya dengan gamblang. Ini untuk menjaga kerahasiaan sistem kerja merek.

Melakukan SEO sendiri tidak ada jaminan bahwa website anda akan muncul di halaman pertama search engine. Ini ibarat kita hanya bisa berusaha dan berdoa. Biarkan Google dan Tuhan yang menentukan hasilnya.

Sepakat ya!

Tapi pikirkan seperti ini, “google adalah search engine terbesar, canggih dan pintar. Dan ia tentu selalu ingin memberikan informasi berkualitas pada penggunanya. Kalau tidak maka pasti penggunanya akan lari. Jadi, tanpa anda melakukan optimasi SEO yang berlebihan pun, kalau website anda berkualitas dan relevan, maka cepat atau lambat google akan menampilkan website anda di halaman pencariannya.

Ini kata google:

Agar Website Muncul Di Halaman Pertama Google: mengoptimalkan konten.

Perhatikan kalimat pertama di atas. Konten yang menarik dan bermanfaat memberikan pengaruh lebih besar dari yang lainnya.

So, pastikan website anda berisi konten yang memang berkualitas dan menarik untuk pembaca.

Optimasi SEO Agar Website Muncul Di Halaman Pertama Google

optimasi seo agar website muncul di halaman pertama google

So, sekarang kita masuk ke bagian intinya. Bagaimana sih tekhnik melakukan optimasi seo agar website kita bisa muncul di halaman pertama google?

Baik on-page maupun off-page seo keduanya penting untuk rangking website anda di hasil pencarian google. Menurut DigitalThirdCoast.com, on-page SEO menentukan pada kata kunci apa anda muncul di halaman hasil pencarian google. Sementara off-page SEO-lah yang menentukan urutan rangking pencarian anda.

Perhatikan diagram berikut:

On page SEO + Off Page SEO
on-page SEO + off-page SEO

On-Page SEO: Optimasi di Dalam Halaman Website

Optimasi On-page SEO mempengaruhi bagaimana google akan menampilkan website anda di halaman pencariannya.

Berikut langkah-langkahnya:

#1. Gunakan Kata Kunci (Keyword) yang tepat

Keyword adalah kata kunci apa yang anda gunakan untuk menggambarkan isi website anda. Agar bisa muncul di hasil pencarian google, maka kata kunci yang anda gunakan di website anda harus sesuai dengan kata kunci yang diketikkan pengguna internet di google.

Atau setidaknya mirip dan berhubungan.

Kata kunci anda harus sesuai dengan isi website anda. Sebab jika tidak, pengunjung juga akan lari.

Bagaimana cara mengetahui kata kunci yang tepat? Akan kita bahas selanjutnya. So, stay tuned!

#2. Judul Blog

Judul blog anda juga harusnya berisi kata kunci yang tepat. Balik lagi, kata kunci judul website anda harusnya menggambarkan isi website anda secara keseluruhan.

Hindari menggunakan judul yang alay dan tidak profesional.

Contoh jika bisnis anda adalah restoran seafood, maka judul website yang baik kurang lebih seperti ini:

Dunia Seafood | Restaurant Seafood Terenak di Makassar.

Dalam hal ini, kita menarget kata kunci restaurant seafood terenak di makassar. Sementara Dunia Seafood adalah nama restoran seafood anda.

#3. Meta Deskripsi Blog

Meta deskripsi blog adalah ringkasan kalimat yang mendeskripsikan tentang website anda. Baiknya di dalam meta deskripsi juga mencantumkan keyword (kata kunci) yang dibidik.

Meta deskripsi biasanya terletak di bagian elemen <head> di dokumen html anda.

meta description

Maka hasilnya di google akan seperti ini:

#4. Image Alt Tag

Image alt tag adalah tag yang diberikan pada sebuah gambar berupa kata kunci tertentu agar google memahami maksud dari gambar tersebut. Pada platform seperti blogspot dan wordpress sangat mudah untuk menambahkan atribut alt tag pada gambar.

#5. Tingkatkan Kecepatan Loading Blog

Ternyata berapa lama kecepatan loading sebuah web mampu mempengaruhi hasil rangking search engine. Semakin cepat sebuah web terbuka ketika diakses, maka baik pengunjung maupun mesin pencari akan semakin suka.

Tidak ada yang suka menunggu terlalu lama. Apalagi untuk sebuah website.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mempercepat loading web anda. Mulai dari mengoptimalkan penggunaan image, merampingkan file css, js dan semacamnya, sampai memilih hosting yang memberikan kecepatan loading yang baik.

#6. Menggunakan sertifikat SSL (https:)

Secure Sockets Layer, atau SSL, adalah protokol keamanan yang menggunakan enkripsi modern untuk mengirim dan menerima informasi penting dari seluruh penjuru internet. Ketika diinstal pada server web, ini mengaktifkan gembok dan protokol https dan memungkinkan koneksi aman dari server web ke browser.

Singkatnya, sebuah web yang menggunakan sertifikat SSL, akan dianggap lebih aman di mata google.

Untuk memasang sertifikat SSL di website, anda bisa membeli dari penyedia layanan SSL yang ada.

Di dalam layanan pembuatan website kami, sertifikat SSL sudah include dalam paket apapun yang anda pilih.

#7. Struktur URL Yang Search Engine Friendly

URL adalah alamat link menuju sebuah halaman web. Setiap laman di dalam web anda pasti memiliki url tersendiri.

Nah salah satu cara agar website muncul di halaman pertama google, adalah menggunakan struktur URL yang baik. Sebuah struktur URL yang baik biasanya polanya seperti ini:

https://namawebanda.com/judul-laman-web/

Hindari penggunaan URL yang tidak jelas seperti:

https://namawebanda.com/15-05-19/p1234.

Sebenarnya, masih ada banyak cara yang bisa dilakukan sebagai pelengkap untuk optimasi on-page SEO website anda. Seperti menggunakan rich snippet, memperbaiki navigasi menu website anda, menata layout web dengan baik.

Namun, untuk artikel kali ini menerapkan cara-cara diatas sudah cukup membuat website anda teroptimasi dengan baik dibanding banyak website diluar sana.

Namun balik lagi cara di atas adalah optimasi agar mesin pencari memahami website kita dengan lebih baik. Tetapi prinsipnya, kembali lagi bahwa pengunjung membutuhkan konten yang berkualitas.

Off-Page SEO: Optimasi Dari Luar Website

Konon bagaimana urutan rangking website kita di hasil pencarian google, lebih banyak dipengaruhi oleh off-page SEO.

Jadi jika anda ingin muncul di halaman pertama dan posisi teratas hasil pencarian google maka pastikan anda melakukan optimasi pada off page SEO.

Sebelumnya kita sudah bahas di atas bahwa off-page SEO berarti seberapa banyak website lain yang merekomendasikan bisnis kita. Merekomendasikan dalam hal ini berarti memberikan link menuju website kita.

Dalam dunia SEO, hal ini disebut backlink.

So, kuncinya adalah miliki backlink yang banyak.

Bagaimana mendapatkan backlink?

Backlink didapatkan dengan link building. Atau strategi yang dilakukan agar pemilik website lain berkenan dengan sukarela memberikan link kepada website kita dengan cara memberikan manfaat kepada si pemilik web ybs.

jadi seperti simbiosis mutualisme.

Jangan hanya berharap diberi tanpa mau memberi. Dalam hal ini anda bisa memberikan artikel konten yang berkualitas untuk website atau blog mereka.

Itulah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan backlink. Ingat, backlink menentukan bagaimana website anda muncul di halaman pertama google. So, pastikan anda meluangkan waktu untuk mendapatkannya.

Nah, pertanyaannya kemudian adalah…

Backlink Seperti Apa Sih Yang Baik Itu?

Tidak semua backlink itu powerful dan berdampak bagi posisi website kita di mata mesin pencari seperti google.

Ada jenis backlink tertentu yang memberikan pengaruh yang besar. Berikut ketentuannya;

  1. Backlink dari website/blog yang relevan dengan bisnis kita.
  2. Backlink dari website yang memiliki domain autority yang tinggi.
  3. Anchor link (kata yang digunakan untuk menempatkan backlink tersebut).

Tiga syarat itulah untuk mendapatkan backlink yang berdampak pada bagaimana agar website kita muncul di halaman pertama google.

Kesalahan Umum Dalam Link Building

Karena banyak orang yang tahu akan pentingnya link building, akhirnya banyak orang yang hanya berfokus untuk mendapatkan backlink saja.

Tanpa memperhatikan kaidah-kaidah tertentu.

Sehingga pada akhirnya membuat beberapa kesalahan umum dalam link building.

Apa-apa saja kesalahan umum dalam link building? Berikut beberapa diantaranya sebagaimana mana saya kutip dari PanduanIM.com;

  1. Bertukar link. Cara yang amat populer di era pertengahan sampai akhir 2000an, bertukar link secara langsung tidak memberikan manfaat positif lagi.
  2. Membeli link & menggunakan jasa backlink. Membeli link memang kemungkinan bisa menaikkan rangking dengan cepat tapi biasanya tidak akan bertahan lama karena anda akan terkena hukuman dari Google.
  3. Komentar di blog & forum. Link yang anda dapatkan dari komentar di blog tidak memberikan manfaat yang besar, begitu pula dengan forum. Tetapi keduanya sering menjadi lahan spam.
  4. Auto-approve link. Segala bentuk link yang tidak melalui moderasi dari pemilik website. Artinya link tersebut langsung muncul ketika anda memasukkan alamat website anda.
  5. Menggunakan software bot. Ada beberapa software/tool yang bisa digunakan untuk mendapatkan link secara otomatis, tetapi link yang anda dapatkan berkualitas rendah dan justru bisa merusak website.
  6. Private Blog Network. Artinya sekumpulan blog yang dimiliki oleh 1 orang yang hanya difungsikan sebagai ladang backlink ke website utama mereka. Google secara aktif menghukum jaringan blog seperti ini.
  7. Spam. Dalam bentuk apapun, teknik spamming tidak akan memberikan manfaat positif untuk anda.

Jasa Layanan Optimasi SEO

Seperti anda lihat diatas, melakukan optimasi SEO tidaklah mudah. Ada banyak hal yang mesti dilakukan dengan konsisten.

Permasalahannya adalah banyak pelaku bisnis yang tidak punya waktu untuk melakukan itu semua. Walaupun punya waktu sekalipun, mereka tidak tahu bagaimana melakukannya dengan benar di lapangan.

Anda tidak mau ribet dengan semua tekhnis optimasi SEO ini?

Serahkan saja pada ahlinya. Anda cukup memfokuskan waktu dan tenaga anda mengurusi dan memperbesar bisnis anda. Karyawan, SOP, Customer, Produksi dll.

Celebes Web, memberikan layanan jasa optimasi SEO untuk website anda. Klik di sini untuk selengkapnya.

Penutup

Sebagai penutup, prinsip agar website bisa muncul di halaman pertama google adalah pastikan website anda berisi konten yang memang dibutuhkan oleh para pencari informasi.

Ingat, google adalah search engine terbesar dan memiliki logaritma yang canggih. Tanpa anda optimasi berlebihan pun, kalau memang kualitas konten anda dibutuhkan orang, google mau tidak mau akan menampilkan website anda di hasil pencariannya.

SEO adalah upaya agar website anda lebih ramah terhadap google. But, Content is still the King! Pada akhirnya mau sehebat apapun optimasi SEO anda, kalau kontennya tidak berkualitas hasilnya tetap nihil.

Sekian, semoga bermanfaat!

Team Celebes Web