Gmail Dilengkapi Teknologi AI, Bisa Baca Pikiran Pengguna?

Aplikasi Gmail pada perangkat mobile seperti HP dan tablet kini telah dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Peningkatan ini telah diluncurkan secara bertahap sejak Jumat (2/6) yang lalu.

Dalam blog resminya, Google berkomitmen untuk menyediakan fitur ini kepada seluruh pengguna dalam waktu 15 hari ke depan secara merata.

Melansir CNBC Indonesia, Teknologi kecerdasan buatan (AI) pada aplikasi Gmail mobile difokuskan pada peningkatan pengalaman pencarian. Ketika pengguna memasukkan kata kunci (keyword) pada kotak pencarian, diklaim bahwa email yang ditampilkan akan menjadi lebih relevan.

Baca juga: Cara Menggunakan Google Bard, Kini Bisa Pakai Bahasa Indonesia

Dapat dikatakan bahwa AI ini mampu “membaca pikiran” pengguna. Pengguna tidak lagi perlu menghabiskan waktu lama untuk mencari email di dalam inbox yang padat.

Sebelumnya, ketika mencari email dengan kata kunci tertentu, seringkali hasil yang ditampilkan tidak relevan, terutama jika kata kunci tersebut terdapat dalam banyak email di dalam inbox.

Dengan adanya AI, aplikasi Gmail akan menampilkan 2 kategori hasil pencarian, yaitu “Hasil Teratas” dan “Semua Hasil”.

Baca juga: Cara Mengganti Tema Google Chrome Versi Terbaru

Hasil Teratas adalah hasil pencarian dari model machine learning (mesin pembelajaran) yang ditingkatkan dengan kecerdasan buatan. Model ini akan menganalisis pola pencarian pengguna dan mempertimbangkan beberapa faktor lainnya untuk memberikan hasil pencarian yang lebih akurat.

“Ini adalah fitur yang memberikan informasi yang paling relevan bagi pengguna. Dengan ini, pengguna dapat dengan cepat dan mudah mencari email atau file yang spesifik,” seperti yang tercantum dalam blog resmi Google, dikutip pada Senin (5/6/2023).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top