Instagram Siap Luncurkan Chatbot AI, Bakal Saingi ChatGPT?

Platform sosial media Instagram digadang-gadang akan meluncurkan Chatbot AI-nya sendiri. Lantas, akankah chatbot ini menyaingi popularitas ChatGPT?

Informasi ini pertama kali diungkapkan oleh peneliti dan developer aplikasi, Alessandro Paluzzi, melalui akun twitternya. Paluzzi menyebutkan bahwa chatbot IG ini akan lebih membawa pengalaman baru bagi pengguna.

Instagram is working on bringing AI Agents (Bots 🤖) to your chats for a more fun and engaging experience 👀,” tulis Paluzzi (6/6/2023).

Chatbot AI Instagram ini disebutkan akan mampu menjawab pertanyaan, memberikan saran, dan membantu pengguna menulis pesan.

Selain itu, agen AI ini juga memiliki 30 jenis personality (kepribadian) yang berbeda-beda, di mana pengguna dapat memilih sesuai keinginan mereka. Hal ini akan sangat membantu kamu dalam mengekspresikan diri dengan lebih baik.

Find the best way to express yourself and get help writing messages,” demikian keterangan dalam foto yang diunggah Paluzzi.

Baca juga: 8 Perbedaan Threads dan Twitter, Mana Lebih Unggul?

Tanggapan Instagram

Namun demikian, pihak Instagram tidak memberikan komentar apa-apa terkait dengan isu chatbot tersebut. Pun tidak menepisnya.

Sehingga belum dapat dipastikan kapan dan apakah benar fitur AI Chatbot ini akan rilis.

Untuk diketahui, pada bulan Februari 2023 silam, CEO META, Mark Zuckerberg mengungkapkan tujuan jangka panjang perusahaannya adalah untuk menciptakan “AI Persona” yang dapat membantu orang dalam berbagai cara.

Meta pun mengumumkan bahwa mereka akan terus bereksperimen dengan AI di platform Messenger, WhatsApp dan Instagram. Untuk Instagram, Zuckerberg menyatakan akan mengerjakan AI untuk mengoptimalkan filter dan iklan.

Melalui tools Advance+, meta dapat menemukan viewers dan menentukan lokasi iklan secara otomatis di seluruh platform Meta. Perusahaan ini juga sedang mengembangkan cara bagi pengiklan untuk membuat dan menguji iklan menggunakan AI.

Baca juga: Cara Menggunakan Google Bard, Kini Bisa Pakai Bahasa Indonesia

Penggunaan Chatbot AI di Media Sosial

Saat ini penggunaan Chatbot AI oleh platform sosial media sudah mulai digunakan.

Pada bulan Februari lalu, Snapchat juga mulai meluncurkan Chatbot AI mereka sendiri. Chatbot tersebut diberi nama My AI.

Chatbot yang digunakan snapchat ini menggunakan sumber daya dari ChatGPT-nya sendiri. Chatbot ini dapat membantu pengguna menulis haikus, merencanakan perjalanan, dan merekomendasikan hadiah ulang tahun.

Namun demikian, nampaknya dari beberapa review yang ditinggalkan user, sebagian mengeluhkan pengalaman menggunakan chatbot tersebut. Ada pula yang mengeluh bahwa chatbot tersebut memiliki akses ke sejumlah data pengguna, termasuk lokasi mereka.

Jadi, apakah Instagram benar-benar akan meluncurkan Chatbot AI-nya? Kita tunggu saja!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top