Inventing.id Ciptakan Mesin Cetak Dokumen yang Lebih Murah dan Praktis

Inventing.id, sebuah startup binaan Kominfo, memperkenalkan produk terbarunya, Printbox 3.0. Ini adalah sebuah vending machine untuk mencetak dokumen dengan lebih murah dan praktis.

Sebuah inovasi produk yang sangat cocok untuk kalangan pelajar dan mahasiswa.

Jika pada metode cetak konvensional, dibutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mencetak dokumen, maka dengan printbox waktunya jauh lebih simple dan praktis.

Cukup meng-upload file atau dokumen yang ingin di-print ke cloud, lalu pilih lokasi terdekat untuk mencetak dokumen dan jadi deh. Kamu pun tidak perlu ribet untuk mengantri seperti pada toko-toko ATK konvensional.

Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau antara Rp 500 hingga Rp 1.000 per lembar. Cukup ramah dengan kantong mahasiswa.

Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir soal keamanan data. Printbox menjanjikan servernya terkunci dengan aman, sehingga data pengguna tidak akan bisa diakses oleh siapapun. Setelah dicetak, dokumen pun akan terhapus secara otomatis.

Baca juga: Fisiohome Hadirkan Layanan Homecare Fisioterapi di Rumah

Inspirasi Lahirnya Printbox

Mengutip detikinet, Printbox lahir dari kegelisahan foundernya, Alif Fikri saat melihat antrean panjang di konter cetak di sekitar kampus. Para mahasiswa harus mengantre begitu lama hanya untuk mencetak dokumen.

“Ketika saya sedang mengerjakan tugas akhir, saya membutuhkan dokumen hardcopy, dan butuh waktu 20 menit untuk mencetaknya karena harus menunggu antrian mahasiswa yang mengirimkan dokumen melalui WhatsApp atau mencari flashdisk mereka di tas,” ujar Alif dikutip dari detikinet.

Sebagai seorang engineer, Fikri dan teman-temannya pun terinspirasi membuat sebuah website yang dapat menerima dokumen. Website tersebut dihubungkan ke mesin-mesin cetak yang tersebar di berbagai lokasi.

Melalui website tersebut, pengguna cukup mengupload file yang ingin dicetak, kemudian memilih mesin cetak terdekat. Website tersebut juga memfasilitasi pembayaran dengan mudah.

Sejak diluncurkan pada September 2022 silam, Printbox telah membantu lebih 50 ribu mahasiswa dalam urusan cetak dokumen. Printbox menyederhanakan proses pencetakan dan mengurangi waktu tunggu secara signifikan.

Baca juga: Bikin Aplikasi Tanpa Coding, Mudah dengan AppFibr

Tentang Printbox 3.0

Printbox 3.0 adalah generasi terbaru dari printbox yang diluncurkan pada 9 Juni 2023 kemarin. Versi sebelumnya sudah ada sejak September 2022 lalu.

Pada Printbox 3.0 tidak cuma menyediakan layanan cetak dokumen. Tetapi juga bisa untuk pembelian materai 10.000, pengelolaan limbah kertas dan layanan publikasi iklan di layar 43 inchi yang ada di mesin Printbox.

Dengan fitur-fitur terbaru ini diharapkan akan semakin membantu mahasiswa dalam berbagai hal.

Seperti diketahui kebutuhan materai di kalangan mahasiswa sangat tinggi. Sehingga dengan kehadiran prinbox 3.0 ini akan semakin memudahkan mereka.

Begitu juga untuk urusan limbah kertas. Banyak mahasiswa yang memiliki tumpukan kertas bekas yang sudah tidak terpakai di kamar atau rumah mereka.

“Bayangkan setiap mahasiswa minimal mencetak 10 lembar per semester, artinya asetiap tahunnya terdapat minimal 20 lembar per mahasiswa. Jika dikalikan dengan jumlah mahasiswa di Indonesia yang mencapai 7 juta, jumlah kertas bekas yang beredar bisa mencapain minimal 140 juta lembar,” terang Alif.

Oleh karena itu, Printbox bisa menjadi sarana untuk mengumpulkan dan mengelola limbah kertas tersebut.

“Kami berencana untuk mengkonversi kertas bekas ini menjadi program beasiswa yang akan diberikan kepada mahasiswa yang membutuhkan, sehingga kerta bekas yang sebelumnya tidak memiliki nilai bisa menjadi beasiswa berharga bagi mahasiswa,” lanjut Alif.

Baca juga: Mengenal Aplikasi Gratyo: Solusi Praktis untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis Anda

Tentang Inventing.id

Inventing.id merupakan salah satu perusahaan rintisan dalam program Startup Studio batch 6 tahun 2023 yang ada di bawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informatikan (Kominfo).

Startup ini berfokus pada pengembangan produk teknologi berbasis hardware.

Saat ini Printbox telah hadir di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Jabodetabek, Bandung, Semarang, Malang. Mereka juga telam memiliki 50 unit Printbox yang beroperasi di berbagai kampus dan sekolah.

Ke depannya, Inventing.id akan terus mengembangkan jangkauan produk dan layanan mereka. Mereka menarget akan memiliki total 10.000 unit Printbox yang tersebar di banyak kampus dan sekolah hingga akhir 2024 nanti.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top