Kenapa Saham GOTO naik 35%? Ternyata Ini Penyebabnya!

Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mengalami kenaikan yang signifikan, bahkan mencapai batas atas auto reject (ARA) saat menjelang penutupan perdagangan pada hari Rabu, 31 Mei 2023 kemarin.

Lantas, kenapa saham GOTO naik?

Sepanjang hari, harga saham GOTO cenderung bergerak datar alias sideaways. Namun, menjelang penutupan pra pasar, harga saham GOTO tiba-tiba naik sebesar 34,86% menjadi Rp 147 per saham.

Pada awalnya, harga saham GOTO bergerak di kisaran Rp 104-110 per saham sepanjang hari. Namun, terjadi lonjakan tiba-tiba hingga mencapai Rp 147 per saham menjelang pukul 16.00 pada pra penutupan.

Selama sesi perdagangan, tercatat ada 54.370 kali transaksi saham GOTO dengan volume sebanyak 45,94 miliar lembar saham dan nilai transaksi mencapai Rp 6,44 triliun. Kapasitas pasar atau market cap GOTO mencapai Rp 174,1 triliun.

Menurut riset CNBC Indonesia pada Rabu, 31 Mei 2023, dalam order book GOTO, terdapat antrian penjualan atau offer sebanyak 58 juta lot dengan nilai sekitar Rp 853 miliar pada harga Rp 147 per saham.

Kenaikan tajam saham GOTO ini disebabkan oleh aktifnya rebalancing indeks MSCI pada hari ini. Pengumuman tersebut telah dilakukan pada tanggal 11 Mei 2023 dan berlaku efektif hari ini. Dengan masuknya GOTO ke dalam indeks MSCI, tepatnya MSCI Global Standard Index, saham GOTO resmi menjadi bagian dari indeks tersebut.

MSCI adalah perusahaan yang menyediakan indeks saham dan obligasi yang terkenal di dunia investasi. Indeks yang diluncurkan oleh MSCI digunakan oleh para pengelola dana sebagai acuan (benchmark) untuk menciptakan produk investasi.

Secara berkala, MSCI juga melakukan review terhadap saham-saham yang layak dimasukkan ke dalam daftar konstituen dan melakukan rebalancing.

MSCI juga melakukan penyaringan terhadap sejumlah saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan mempertimbangkan kapitalisasi pasar, saham yang beredar secara bebas (free float), likuiditas saham dalam periode tertentu, dan kriteria-kriteria lainnya.

Dampak dari kenaikan saham GOTO yang mencapai ARA ini menyebabkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akhirnya ditutup dengan penurunan tipis setelah sebelumnya sempat mengalami penurunan hampir 1%.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top