Memori Penyimpanan Android Penuh? Ini 5 Tips dari Google!

Apakah memori penyimpanan HP android kamu selalu penuh? Nah, Google memberikan beberapa tips kepada pengguna Android untuk mengatasi masalah memori penyimpanan Android penuh.

Perusahaan teknologi tersebut mengungkapkan bahwa kinerja Android akan lebih baik jika pengguna membebaskan ruang penyimpanan.

Google juga membagikan saran yang dapat membantu meningkatkan daya tahan baterai dan kecepatan dengan menghapus file atau aplikasi yang memakan banyak memori.

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut:

1. Hapus Foto

Foto dan video dapat menghabiskan ruang penyimpanan yang besar di ponsel pintar Anda. Menghapusnya secara permanen, baik dengan menghapusnya atau memindahkannya ke tempat lain, dapat mengurangi jumlah data di perangkat Anda.

Jika Anda ingin menyimpan foto tertentu, penting untuk mencadangkannya ke komputer, hard drive eksternal, atau layanan seperti Google Photos.

Setelah itu, Anda dapat menghapus foto dan video dari perangkat Android dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Google Photos.
  • Masuk dengan akun Google Anda.
  • Tahan foto atau video yang ingin Anda hapus.
  • Di bagian atas layar, ketuk tombol Hapus.

Foto dan video yang dihapus akan disimpan dalam folder Sampah di Google Photos selama 60 hari sebelum dihapus secara permanen. Jika Anda secara tidak sengaja menghapus sesuatu yang sebenarnya ingin Anda simpan, Anda masih dapat memulihkannya dari folder Sampah sebelum dihapus secara permanen.

2. Hapus Media yang Diunduh

Cara lain untuk membebaskan ruang penyimpanan adalah dengan menghapus film, musik, atau media besar lainnya yang telah Anda unduh.

Untuk melakukannya, buka aplikasi Google Play di perangkat Android dan cari aplikasi seperti Play Music atau Play Movies & TV. Buka menu pengaturan dengan mengklik ikon hamburger, lalu pilih “Kelola Unduhan”. Di sana, Anda dapat mengetuk item yang ingin dihapus dan memilih opsi “Hapus”.

3. Hapus Aplikasi

Google menyarankan untuk menutup aplikasi yang tidak merespons atau tidak lagi digunakan.

“Jika Anda menghapus aplikasi dan memerlukan kembali di masa depan, Anda dapat mengunduhnya lagi. Anda tidak perlu membeli aplikasi jika sudah membelinya sebelumnya,” kata Google, dikutip dari The Sun.

Google juga merekomendasikan membersihkan cache dan data aplikasi. Menghapus cache aplikasi akan menghapus data sementara, sedangkan menghapus data aplikasi berarti Anda akan kehilangan semua data yang disimpan di dalam aplikasi tersebut.

4. Arsipkan Secara Otomatis

Jika Anda enggan menghapus aplikasi tetapi ingin membebaskan ruang penyimpanan, Anda dapat mengarsipkan aplikasi secara otomatis.

Ini adalah salah satu cara untuk mendapatkan lebih banyak ruang di perangkat tanpa menghapus aplikasi secara permanen. Selama aplikasi masih tersedia di Google Play, Anda dapat mengunduhnya kembali hanya dengan satu kali sentuhan.

Anda dapat mengarsipkan aplikasi dengan membuka aplikasi Play Store. Lalu, buka menu Pengaturan dan pilih opsi Umum. Di sana, Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan pengarsipan otomatis.

5. Hapus File

Salah satu cara termudah untuk membebaskan ruang di Android adalah dengan menghapus file yang telah diunduh di perangkat Anda.

Karena tempat penyimpanan file dapat berbeda-beda tergantung pada merek dan jenis HP Anda, pastikan untuk memeriksa halaman dukungan pabrikan untuk menemukan panduan yang sesuai.

Nah, itu 5 tips dan saran dari Google untuk mengatasi masalah penyimpanan di Android. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top