Nuxcle Raih Best of The Best Startup Program NextDev Telkomsel ke-8

Telkomsel mengumumkan Nuxcle sebagai Best of The Best Startup pada program NextDev Telkomsel yang ke-8. Pengumuman tersebut dilakukan dalam acara Final Pitching NextDev yang berlangsung bersamaan dengan konferensi teknologi NextDev Summit pada 7-8 Juni 2023.

NextDev Telkomsel merupakan program inkubator yang bertujuan memberikan dampak positif dan mendukung perkembangan ekosistem digital nasional. Melalui program ini, Telkomsel berupaya memperkuat fundamental startup digital tahap awal agar dapat tumbuh secara berkelanjutan.

“Melalui NextDev, kami berharap dapat memperkuat fundamental bisnis dan dampak positif dari startup digital tahap awal di Indonesia,” jelas Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng dalam keterangan tertulisnya Jumat (9/6/2023)

Nuxcle berhasil meraih penghargaan ini berkat pengembangan kendaraan listrik seperti skateboard listrik, sepeda listrik (prototype), dan motor listrik (prototype). Selain itu, Nuxcle juga menyediakan layanan konversi kendaraan listrik untuk kendaraan roda dua konvensional di Indonesia dengan menggunakan bahan daur ulang.

Dengan inovasinya di bidang green and clean tech, Nuxcle dapat membantu masyarakat Indonesia menghemat lebih dari lima kali lipat biaya bulanan untuk pembelian bahan bakar. Selain itu, inovasi dari Nuxcle juga berkontribusi dalam memperlambat laju pemanasan global melalui penerapan konsep ekonomi sirkular yang fokus pada proses reducing, reusing, dan recycling.

Derrick mengungkapkan harapannya bahwa melalui NextDev, Telkomsel bersama ekosistem startup nasional dapat berkolaborasi untuk memberikan dampak yang signifikan bagi inklusi ekosistem digital dengan memanfaatkan teknologi terkini. Dia juga menambahkan bahwa Program NextDev akan terus didorong untuk menjadi inkubator yang relevan dalam mendukung kebutuhan dan tantangan ekosistem startup Indonesia di masa depan.

Dalam pernyataan CEO Nuxcle, Arif Fajar Saputra, ia menyebutkan bahwa NextDev sebagai program untuk startup telah memberikan bimbingan dan akses koneksi yang sangat berharga. Melalui NextDev, Nuxcle mendapatkan banyak wawasan tentang industri dan hubungan bisnis yang membuat fokus kerja mereka semakin tajam.

“Setelah mengikuti rangkaian program dari awal hingga summit, kami terkesan karena NextDev memberikan bimbingan luar biasa dan perhatian lebih terhadap startup dengan menghadirkan mentor, ahli hingga business matching,” ungkap Arif.

Arif juga menambahkan bahwa kehadiran NextDev membuka peluang bagi Nuxcle untuk berkembang dan memberikan dampak yang lebih besar terhadap lingkungan dan masyarakat.

NextDev tahun ke-8 ini telah dimulai sejak September 2022 dengan tema #SustainBeyondExpectation. Terdapat 233 startup digital potensial dari seluruh Indonesia yang berpartisipasi, dengan fokus pada trek Game and Gaming Platform, Health and Education, Tourism and Creative Economy, serta Green and Clean Tech.

Setelah melalui proses kurasi dan seleksi yang ketat, 40 startup terpilih mengikuti fase NextDev Talent Scouting, dan 12 di antaranya terpilih untuk berpartisipasi dalam program inkubasi NextDev Academy selama 3 bulan.

Selain acara NextDev Summit, 12 startup yang mengikuti NextDev Academy juga berkesempatan untuk mengikuti Sesi Business Matching & Investors Meet Up bersama Telkomsel, institusi pemerintahan, ekosistem BUMN, investor swasta, dan para pemodal ventura.

Berdasarkan penilaian investor dari berbagai aspek seperti business modelling, marketing, product development, investment pitch, dan tim/keuangan, terpilihlah 4 startup terbaik dari masing-masing sektor.

Keempat startup tersebut adalah Hisa Games pada trek Game and Gaming Platform, Fisiohome pada trek Health and Education, Shieldtag pada trek Tourism and Creative Economy, serta Nuxcle pada trek Green and Clean Tech.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top