Penjualan Smartphone di Indonesia Mengalami Penurunan 11,9% pada Kuartal I Tahun 2023

Pada kuartal pertama tahun 2023, pasar smartphone di Indonesia kembali mengalami perlambatan. Menurut data dari International Data Corporation (IDC) Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker, penjualan smartphone pada periode tersebut mengalami penurunan sebesar 11,9% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Sementara itu, jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, penurunan mencapai 7,2%.

Berdasarkan data tersebut, tercatat bahwa sebanyak 7,9 juta unit smartphone terjual selama periode tersebut. Dalam rentang harga US$ 600 (sekitar Rp 8,9 juta), penjualan smartphone mengalami pertumbuhan sebesar 71% secara tahunan. Samsung dan Apple merupakan merek yang mendominasi penjualan dalam kategori ini.

Baca juga: Kenapa Saham GOTO naik 35%? Ternyata Ini Penyebabnya!

Di sisi lain, penjualan smartphone 5G juga mengalami pertumbuhan sebesar 38% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Secara keseluruhan, smartphone 5G berhasil menguasai 18% pangsa pasar smartphone di Indonesia, naik 11% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2022.

Data penjualan smartphone di Indonesia kuartal 1 2023
credit: Investor.id

Menurut Vanessa Aurelia, Associate Market Analyst IDC Indonesia, pasar smartphone di Indonesia menunjukkan performa yang lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya, meskipun bulan Ramadan tiba lebih awal pada tahun ini. Hal ini disebabkan karena konsumen lebih fokus pada pembelian kebutuhan Ramadan dan Lebaran seperti pakaian, makanan, dan transportasi (travel/mudik), daripada membeli perangkat elektronik.

Vanessa juga menambahkan bahwa permintaan pasar diperkirakan akan tetap lemah dan tanpa adanya faktor pendorong yang signifikan, sehingga pasar diperkirakan akan mengalami penurunan sekitar satu digit dalam persentase penjualan.

“Permintaan pasar diperkirakan akan tetap lemah dan tanpa faktor pendorong besar, maka dari itu pasar diperkirakan akan menurun di sekitar persenan satu digit.” ujar Vanessa.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top