Pentingnya Menentukan Target Pasar Untuk Bisnis & Website Anda

Pentingnya menentukan target pasar

Pentingnya menentukan target pasar – Jika anda adalah seorang pengusaha dan pebisnis, sudahkah anda tahu siapa target pasar dari bisnis anda?

Menentukan target pasar menjadi sangat penting bagi kelangsungan bisnis anda. Sebab dari sinilah anda kemudian akan mendesain bisnis yang tepat sasaran.

Begitupun sama halnya dengan target pasar untuk website anda. Pada prinsipnya website adalah salah satu alat yang anda gunakan untuk terhubung dengan target pasar tersebut.

Karena itu anda perlu mendesain website yang memang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan target pasar anda.

Apa itu Target Pasar?

Target pasar (target market) adalah sekelompok orang yang anda sasar untuk menjual produk bisnis anda. Tentu anda tidak bisa mengatakan bahwa anda ingin menjual produk kepada semua orang. Ini adalah kesalahan fatal yang dilakukan banyak pengusaha.

Misalnya jika anda adalah seorang pengusaha Barber Shop maka tidak bisa anda mengatakan target pasar anda adalah semua orang. Sebab tidak semua orang membutuhkan Barber Shop.

Seorang wanita tentu memilih untuk mengunjungi salon kecantikan dan bukannya barber shop. Seorang bapak-bapak yang berpenghasilan menengah ke bawah kemungkinan akan lebih memilih potong rambut khas Madura, sebab selain hemat ia juga bisa pijet gratis di sana.

Maka Barber Shop kemungkinan target pasarnya adalah Anak muda, pria, usia antara 18-35 tahun. Tingkat penghasilan keluarga menengah.

Pentingnya Menentukan target pasar berarti anda tahu betul siapa yang membutuhkan produk anda. Itulah orang-orang yang ingin anda layani dengan sebaik mungkin.

Memahami siapa mereka dan bagaimana karakteristik mereka membuat anda bisa mendesain dan menyesuaikan bisnis anda dengan spesial untuk mereka.

Bagaimana Dengan Target Pasar dari Website?

design website barbershop
Contoh website barbershop

Sejatinya, target pasar dari bisnis anda sama saja dengan target pasar website anda. Website hanyalah media untuk menjangkau target pasar tadi.

Semisal contoh barber shop di atas, maka website anda harusnya didesain sesuai dengan kebutuhan target pasarnya. Misal di dalamnya anda bisa memposting jenis-jenis potongan rambut yang lagi trend saat ini.

Mengapa ini penting?

Sebab target market di Barber Shop adalah anak muda yang perlu tampil trendi dan kekinian. Mereka butuh itu.

Jadi website anda tidak didesain untuk semua orang. Ibu-ibu yang sehari-harinya belanja di pasar tidak perlu tahu website anda.

Singkatnya, anda ingin menarik orang-orang yang memang membutuhkan layanan anda.

Belajar dari Kejatuhan NET TV: Pentingnya menentukan target pasar & Memahaminya.

Belakangan ini beredar isu yang sangat hangat mengenai berita kejatuhan NET TV. DI kabarkan NET TV melakukan perampingan jumlah karyawan besar-besaran sebab tidak mampu menutupi biaya operasional dan gaji karyawan.

Maka diumumkanlah kepada seluruh karyawan, bagi siapa saja yang ingin mengundurkan diri dipersilahkan. Hal ini benar dan manajemen NET TV sudah mengakui ada puluhan karyawan yang mengundurkan diri.

Nah apa yang membuat perusahaan sekelas NET TV bisa bangkrut?

Mas Yodhia Antariksa dari StrategiManajemen.Net menjelaskan bahwa salah satu penyebabnya adalah NET TV salah menentukan target market.

Perusahaan yang didirikan Wishnutama ini, membidik target pasar menengah ke atas. Orang-orang yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Makassar dll. Sementara stasiun TV lain pada umumnya membidik market keluarga menengah ke bawah masih tinggal di luar kota besar.

Nah, apa yang salah dari menarget orang-orang kelas menengah ke atas yang hidup di perkotaan?

Ternyata NET TV lupa memahami karakteristik target pasarnya ini. Secara ringkas, orang-orang berpendidikan kelas menengah ke atas yang tinggal di kota-kota besar, sudah tidak lagi berminat menonton televisi.

Mereka sekarang sudah lebih suka nonton Youtube, Netflix dan Hooq. Di mana mereka bebas memilih jenis tontonan apa yang ingin dikonsumsi.

Alhasil, NET TV tidak laku.

Inilah yang membuat NET TV kolaps. Meski diakui program-programnya bagus-bagus, tapi itu semua percuma jika tidak bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan karakter target pasarnya.

Semoga dari sini kita bisa memetik pengajaran akan pentingnya menentukan target pasar dan sekaligus memahaminya.

Bagaimana Menentukan Target Pasar?

Lantas, bagaimana kita menentukan target pasar yang benar?

Pada umumnya target pasar dilakukan dengan segmentasi pasar terlebih dahulu. Yaitu sebuah proses mengelompokkan orang-orang ke dalam beberapa kategori seperti Gender, Usia, gaya hidup, preferensi, dan lain sebagainya. Tergantung kebutuhan sebuah bisnis.

Karena itu menentukan target pasar untuk bisnis dan website anda memang membutuhkan sedikit riset di awal.

Lebih baik daripada anda harus berakhir seperti NET TV.

Dalam hal ini setidaknya ada 2 hal yang kudu anda lakukan.

  • Pertama, kenali siapa yang membutuhkan produk anda
  • Kedua, pahami bagaimana karakteristik mereka.

Di awal silahkan anda mencari tahu siapa orang-orang yang paling mungkin akan menggunakan produk/layanan anda. Di mana lokasi mereka, berapa rentang umur mereka, apa pekerjaan mereka.

Selanjutnya, cari tahu bagaimana karakteristik mereka saat ini. Apa masalah terbesar mereka. Harapan mereka. Dan yang paling penting, Apakah perkembangan era 4.0 sedikit banyak mempengaruhi cara berpikir mereka.

Data itulah yang akan kita gunakan untuk mendesain semua channel marketing kita. Termasuk website.

Bagaimana Mendesain Website Untuk Target Pasar?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, website adalah salah satu media untuk menjangkau target pasar anda.

Karena itu dalam membuat website, penting untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik target pasar anda.

Sebagai pengusaha, inilah yang perlu anda lakukan sebelum menyewa jasa pembuatan website.

#1. Tentukan Goals Website Anda

Banyak orang yang membuat website tanpa tujuan yang jelas. Yang penting ada.

Percayalah ini kesalahan besar. Sebelum melakukan apapun yang lain, hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menentukan apa yang ingin anda capai dengan website anda.

Apakah itu:

  • Memperkenalkan brand perusahaan anda kepada khalayak ramai?
  • Menjangkau pasar yang lebih luas untuk meningkatkan omset?
  • Media pusat informasi dan customer service untuk pelanggan anda?
  • Wadah bagi komunitas pelanggan untuk berbagi dan terhubung?
  • atau tujuan yang lain?

Apakah bisa menetapkan semua tujuan itu sekaligus? Bisa! Tapi sebaiknya jangan!

Satu goal mestinya untuk satu waktu. Jika target A sudah tercapai maka baru kita lanjut ke target B.

Ini akan membuat website anda menjadi terarah dan efektif.

#2. Tentukan Buyer Personal

Buyer persona adalah representasi pembeli paling ideal anda. Ia digambarkan sebagai satu orang. Tidak lebih. Boleh orang beneran boleh fiktif.

Maka dalam membuat materi marketing, kita seperti berbicara satu lawan satu dengan buyer persona ini.

Contoh buyer persona dari bytestand.com:

Contoh buyer persona
Contoh buyer persona | Source: Bytestand.com

#3. Apa Yang Anda Harapkan Pengunjung Lakukan di Website Anda?

Website anda harus jelas mengarahkan visitor. Simplenya, mereka diminta ngapain?

Apakah membeli produk? Atau menghubungi lewat telpon untuk janjian? Mungkin mengisi formulir tertentu? Membagikan bisnis anda kepada teman-temannya di facebook? Atau apa?

Ini disebut dengan Call to Action.

Call to action yang jelas akan meningkatkan peluang keberhasilan website anda.

#4. Berikan konten untuk menjawab masalah audience anda.

Hari ini, konsumen tidak sekedar ingin membeli produk. Mereka butuh solusi nyata.

Karena itu agar bisa memenangkan kompetisi bisnis, anda harus bisa memberikan konten yang bermanfaat bagi target pasar anda. Ini juga alasan pentingnya menentukan target pasar dan memahami kebutuhannya.

Sebuah konten bisa berupa artikel yang bermanfaat, video tutorial, gambar, ebook gratis dan lain sebagainya.

Prinsipnya, sesuatu hal yang anda berikan secara gratis kepada target pasar anda, agar ia mau membeli produk anda nantinya.

Saat ini strategi konten marketing adalah dianggap yang paling ampuh untuk memenangkan persaingan bisnis. Karena itu paling banyak dilakukan oleh para marketer dan pengusaha di luar sana.

Jika anda bingung bagaimana membuat strategi konten marketing, tenang saja! Di Makassar Web.SITE kami menyediakan layanan strategi konten marketing gratis sebagai bonus paket pembuatan website bisnis anda.

Anda bisa Klik di sini untuk melihat paket pembuatan website kami selengkapnya.

Kesimpulan

Sebagai pemilik bisnis anda perlu memahami pentingnya menentukan target pasar bisnis anda.

Sebab target pasar adalah orang yang akan memberikan uangnya kepada anda. Membeli produk anda. Karena itu wajib bagi anda untuk mengenali siapa mereka. Apa yang mereka butuhkan. Dan yang paling penting, bagaimana anda bisa melayani mereka dengan senyaman mungkin.

1 thought on “Pentingnya Menentukan Target Pasar Untuk Bisnis & Website Anda”

  1. Pingback: 8 Strategi Digital Marketing UKM Agar Mampu Memenangkan Persaingan Bisnis | Makassar Web.SITE - Digital Marketing Agency

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *