Ini 8 Perbedaan Threads dan Twitter, Mana Lebih Unggul?

Aplikasi Threads besutan Instagram baru saja diluncurkan dalam beberapa hari. Meski begitu, aplikasi yang disebut mirip twitter ini sudah digunakan oleh lebih dari 2 juta pengguna.

Lantas apa saja perbedaan Threads dan Twitter? Mana pula dari kedua aplikasi tersebut yang lebih unggul?

Melansir CNBC Indonesia, CEO Meta Mark Zuckerberg menyebutkan dalam akun Threads personalnya bahwa pihaknya akan mematok target hingga 1 milliar pengguna. Hal ini karena melihat antusiasme orang dalam peluncuran aplikasi tersebut.

Dengan kehadiran Threads, bisa menjadi ancaman baru bagi Twitter. Pasalnya, Threads muncul kala aplikasi milik Elon Musk itu menghadapi banyak kontroversi. Salah satunya dengan kebijakan membatasi jumlah tweet harian yang bisa dibaca pengguna.

Baca Juga: Instagram Siap Luncurkan Chatbot AI, Bakal Saingi ChatGPT?

Mungkinkah Threads benar-benar akan menggeser dan mendisrupsi twitter?

Nah, untuk menjawab pertanyaan ini mari kita lihat apa saja perbedaan antara Threads dan Twitter.

Yuk simak!

1. Pengguna Threads Wajib Punya Akun Instagram

Untuk menggunakan aplikasi Threads, pengguna terlebih dahulu harus sudah memiliki akun instagram. Akun Instagram inilah yang dapat digunakan untuk login ke Aplikasi Threads tersebut.

Dengan begitu, kedua akun tersebut akan secara otomatis tersinkronasi. Nama akun (username) yang ada di Threads pun mengikuti nama akun Instagram dan tak bisa diubah.

Kecuali jika pengguna mengganti username instagramnya, maka barulah username Threads juga akan ikut berubah.

Hal ini tentu berbeda dengan Twitter. Twitter yang merupakan sosial media yang berdiri sendiri, memungkinkan pengguna untuk login dan menggunakannya secara bebas tanpa ada sinkronisasi dengan sosial media lainnya.

Baca juga: Ancam Privasi, Ini Daftar Data Pribadi yang Diakses Threads dari Smartphone-mu

2. Sinkronisasi Threads dan Instagram

Di sisi lain, sinkronisasi antara Threads dan Instagram juga membawa manfaat tersendiri. Salah satunya membuat pengguna bisa mendapatkan eksposure dengan lebih mudah.

Maksudnya gimana?

Pertama, pengguna bisa membagikan konten dari Threads ke Instagram secara langsung dengan mudah dan begitupun sebaliknya. Dengan begini meskipun Threads adalah aplikasi baru, namun para pengguna dapat dengan mudah dan cepat untuk mengembangkan akun dan mendapatkan followers.

Pengalaman team Digital Daily, dalam beberapa jam login ke Threads bisa langsung mendapatkan followers mencapai hampir seribu-an orang.

Hal ini tentu berbeda dengan Twitter yang tidak semudah itu.

3. Jumlah Karakter Threads dan Twitter

Dari sisi jumlah karakter sekali post, Threads memberikan batas hingga 500 karakter kepada pengguna. Berbeda dengan twitters yang hanya bisa memberikan 280 karakter bagi pengguna gratis.

Selain itu, penggunaan Threads bisa memposting rangkaian post (utas) lebih dari satu secara bersamaan. Hal ini berbeda dengan Twitter yang hanya bisa memposting 1 tweet dalam satu waktu saja.

4. Thread Tidak Menampilkan Jumlah Following di Profil

Salah satu perbedaan yang juga cukup menonjol adalah pada bagian interface. Khususnya di bagian profil, pengguna tidak dapat melihat jumlah orang yang diikuti (following).

Jadi cuma followers saja.

Jumlah following nantinya baru bisa dilihat jika kita mengklik jumlah followers tersebut, kemudian menggeser tab pada menu Following.

Sementara itu, baik di Twitter maupun di Instagram jumlah following ini langsung dapat terlihat di bagian depan profil seseorang.

Baca juga: WhatsApp Uji Coba Fitur Multi-Account, Login Banyak Akun dalam Satu Aplikasi

5. Threads Belum Bisa Bagikan GIF

Selain dapat membagikan teks, Threads juga memungkinkan pengguna untuk share foto, video dan link. Namun, Threads belum bisa mendukung format GIF atau gambar bergerak.

6. Centang Biru di Threads dan Twitter

Di aplikasi Twitter, pengguna bisa mendapatkan badge verifikasi berupa centang biru hanya dengan menjadi pelanggan Twitter Blue.

Namun berbeda dengan Threads, yang akan memberikan verifikasi centang biru secara otomatis selama pengguna sudah terverifikasi di Instagram.

7. Fitur “Hidden Words” di Threads

Threads punya fitur khusus yang memungkinkan pengguna bisa memblokir kata atau frasa tertentu. Hal ini adalah poin lebih untuk mencegah linimasa kita dihinggapi postingan berisi kata-kata negatif yang tak diinginkan.

Sementara di Twitter fitur semacam itu tidak se-spesifik Hidden Words milik Threads. Pengguna bisa menggunakan fitur “Mute” ataupun “Block”, namun hal itu masih kurang akurat.

8. Threads Tidak Punya Fitur Trending Topic

Salah satu keunggulan twitter yang digemari banyak orang adalah adanya fitur Trending Topic. Fitur ini memungkinkan kita mengetahui apa saja topik-topik yang sedang hangat dan ramai diperbincangkan.

Sayangnya, hal semacam ini belum tersedia di Threads.

Nah, itulah sejumlah perbedaan Threads dan Twitter. Menurut kamu mana yang lebih unggul?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top