Review Allo Bank, Apakah Aman Atau Tidak? Ini Kekurangan dan Kelebihannya!

Allo Bank merupakan salah bank digital yang mencuat di tanah Air belakangan ini. Aplikasi bank digital ini menawarkan layanan keuangan secara online kepada masyarakat.

Lantas apa saja kekuarangan dan kelebihannya? Apakah Allo Bank aman atau tidak?

Berikut ini artikel tentang review Allo Bank sebagaimana pengalaman team Digital Daily menggunakan aplikasi ini selama kurang lebih 1 tahun.

Yuk simak selengkapnya!

Apa itu Allo Bank?

Sebelum membahas tentang kelebihan dan kekurangan serta review Allo Bank, ada baiknya kita mengenal aplikasi ini dengan lebih dekat.

Allo Bank adalah sebuah layanan perbankan digital yang berada dibawah naungan CT Corps melalui PT. Mega Corpora. Perusahaan bank digital ini resmi diluncurkan pada 20 Mei 2022.

Mungkin belum banyak yang tahu, nama Allo Bank sebenarnya adalah singkatan dari “All in One” Bank. Sesuai namanya, bank ini mengusung konsep All for One, One For All, artinya semua kebutuhan finansial hingga hiburan tersedia dalam satu aplikasi.

Sebelum menjadi Allo Bank, bank ini awalnya merupakan bank konvensional dengan nama Bank Arta Griya. Kemudian pada tahun 1993, berganti nama menjadi Bank Harda Griya.

Dan berganti lagi menjadi Bank Harda Internasional (BHI), yang kemudian IPO pada tahun 2015. Tahun 2021, bank ini resmi diakuisisi oleh PT. Mega Corpora dan mendapatkan persetujuan OJK pada bulan maret.

Hingga pada Juni 2021, resmi berganti nama menjadi PT. Allo Bank Indonesia Tbk.

Apakah Allo Bank Aman atau Tidak?

Pada dasarnya, Allo Bank aman untuk digunakan karena telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan tercatat dalam peserta program penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Pengalaman team Digital Daily menggunakan aplikasi ini selama kurang lebih 1 tahun, tidak pernah menemukan masalah yang berarti. Jadi Allo Bank aman dan bukan penipuan.

Produk dan Layanan Allo Bank

Seperti Bank Digital pada umumnya, Allo Bank juga hadir dengan berbagai layanan dan produk untuk memenuhi berbagai kebutuhan finansial kita.

Beberapa produk dan layanan tersebut antara lain:

1. Allo Pay dan Allo Pay+

Allo Pay dan Allo Pay + adalah layanan untuk melakukan berbagai transaksi keuangan dengan mudah. Kamu bisa melakukan transfer, bayar, bayar tagihan, top-up dan tarik tunai.

2. Allo Prime

Allo Prime merupakan layanan untuk tabungan digital. Kamu bisa menabung dan menyimpan uang tanpa ada biaya administrasi bulanan. Allo Prime juga menawarkan suku bunga yang cukup kompetitif yakni 4% per tahun.

3. Deposito

Kamu juga bisa menabung deposito di Allo Bank. Adapun suku bunga yang ditawarkan mencapai 6% per tahun. Program deposito ini memiliki berbagai pilihan tenor sesuai kebutuhan dari 1 bulan hingga 2 tahun.

4. Allo PayLater dan Instant Cash

Allo Bank juga menyediakan layanan Allo PayLater untuk kamu gunakan berbelanja sehari-hari di berbagai merchant. Kamu bisa mendapatkan limit hingga 100 juta dengan berbagai pilihan angsuran pembayaran.

Kelebihan Allo Bank

Sebagai bagian dari salah satu Ekosistem dan jaringan bisnis terbesar di Indonesia, CT Corps, Allo Bank hadir dengan beragam kelebihan dibanding bank-bank digital lainnya.

Beberapa Kelebihan Allo Bank antara lain:

1. Registrasi Mudah dan Cepat

Untuk menggunakan Allo Bank, sangatlah mudah dan prosesnya cepat. Kamu cukup download aplikasinya di App Store maupun Play Store, isi data diri dan jadi deh.

Kamu bisa langsung menikmati berbagai produk dan layanan yang disediakan dengan cepat tanpa harus ribet dan antri lama.

2. Tanpa Biaya Admin

Salah satu kelebihan yang dimiliki Allo Bank adalah tidak adanya biaya admin bulanan sebagaimana bank-bank pada umumnya.

3. Tidak Ada Minimum Saldo

Di Allo Bank, juga tidak ada syarat untuk minimum Saldo. Jika kamu ingin menarik semua uang milikmu, bisa dilakukan tanpa khawatir ada saldo yang tertahan.

4. Gratis transfer ke semua bank dengan BI Fast

Allo Bank juga sudah mendukung transfer menggunakan BI Fast, yang memungkinkan proses transfer lebih aman dan cepat. Keunggulannya, jika di bank lain BI Fast dikenakan biaya transfer sebesar Rp 2.500, di Allo Bank gratis.

Jadi kamu bisa mengirim uang ke bank manapun dengan aman, cepat dan gratis.

5. Dapat Poin

Pertama, ketika kamu upgrade Allo Bank ke Allo Prime, kamu akan langsung mendapatkan poin sebesar Rp 20.000 secara cuma-cuma. Poin ini dapat kamu gunakan untuk berbagai keperluan seperti belanja ataupun bayar parkir.

Kamu juga bisa terus menambah poin dengan melakukan transaksi menggunakan Allo Bank.

Selain itu, Allo Bank juga punya program membership dengan 3 jenjang. Yakni Starter, Advance, dan Premium. Setiap jenjang membership ini menawarkan berbagai fitur dan program promo menarik

6. Banyak Promo di Berbagai Merchant

Karena Allo Bank adalah bagian dari ekosistem CT Corps, tentu saja akan banyak keuntungan dengan menggunakan Allo Bank di merchant-merchant ini. Sebut saja promo, diskon dan coupon dan lain sebagainya.

Oiya, bayar parkir di semua jaringan CT Corps menggunakan Allo Bank hanya 1 rupiah menggunakan poin yang dimiliki.

Memang apa aja sih jaringan bisnis Allo Bank?

Sebut saja Trans Studio, Trans Snow World, Bank Mega, Trans TV, Trans 7, detikcom, Metro, Wendys, Transmart, Transliving, Transmart Hardware, Electronic Pro, Spord, Multi Mart, Oki Doki, Aigner, Boss, Furla, Canali, Geox, Find Kapoor, Seen, The Coffee Bean and Tea Leaf, Baskin Robbins, Wendy’s, Tasty Kitchen, Warung Wardani Bali, Gyu Katsu Nikaido, dan Sakura Japanese Cuisine.

Selain itu adapula Antavaya, The Trans Luxury Hotel, The Trans Resort, Ibis Trans Studio Bandung, Fashion Hotel Legian, Four Star by Trans Hotel, Aston Tanjung Pinang, Trans Studio, Trans Snow World, Kidcity, Transpark, Transmart, Trans Studio Mall, Trans Studio Mini, dan Trans Studio Garden.

7. Customer Service yang Baik dan Gercep

Ketika mengalami kendala terkait aplikasi Allo Bank, kita dapat menghubungi customer care melalu nomor telepon ataupun whatsapp.

Pengalaman Digital Daily, customer care Allo Bank sangat ramah dan pelayanannya cepat. Masalah terkait keuangan dapat diatasi dalam hitungan menit.

Kekuarangan Allo Bank

Kendati demikian, Aplikasi Allo Bank juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu untuk ditingkatkan. Antara lain:

1. Belum Kompatibel dengan Beberapa Merek Smartphone

Beberapa bulan yang lalu, beberapa pengguna android mengalami kendala untuk login ke aplikasi Allo Bank mereka. Setelah dikonfirmasi hal tersebut terjadi karena adanya maintainance dari pihak Allo Bank.

Saat ini hal tersebut sudah diperbaiki pada beberapa merek android yang populer. Namun sebagian merek lain masih belum bisa.

Team Digital Daily mencoba untuk login menggunakan Smartphone Infinix Note 12 ternyata hingga artikel ini ditulis belum juga bisa. Sementara pada smartphone lain seperti Oppo, Vivo, Samsung, iPhone terpantau aman.

2. Fitur Belum Cukup Lengkap

Meskipun fitur-fitur yang ada di Allo Bank saat ini sudah cukup untuk menunjang kebutuhan finansial secara digital, namun demikian fitur ini terbilang masih standar.

Fitur ini belum selengkap aplikasi bank digital lain seperti Bank Jago yang terhubung dengan aplikasi Bibit sehingga menyediakan beragam pilihan investasi.

Nah, demikianlah ulasan dan review Allo Bank sebagai salah satu penyedia Bank Digital di Indonesia. Kamu tertarik untuk coba Allo Bank?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top