Review Smartphone Infinix Note 12 (2023), Performa Handal dengan Desain Oke

Infinix Note 12 (2023) adalah salah satu produk smartphone terbaru dari Infinix. Berikut ini review Smartphone Infinix Note 12 (2023) sebagaiman dirangkum team Digital Daily.

Meskipun mengusung nama Infinix Note 12 2023, namun faktanya HP ini dirilis pada oktober 2022 silam. Versi ini merupakan versi lanjutan dari seri Infinix Note 12 yang dirilis sekitar bulan April tahun 2022.

Pada versi update ini, Infinix menghadirkan sejumlah upgrade yang cukup signifikan. Mulai dari tampilan layar hingga performanya.

Nampaknya, Infinix memang begitu agresif untuk meraih pasar smartphone tanah air. Di tahun ini saja mereka telah merilis begitu banyak produk smartphone mulai dari Seri Hot hingga yang terbaru Note 12 2023 yang rilis akhir tahun 2022 silam.

Lantas bagaimana review produk Infinix Note 12 2023 ini?

Spesifikasi Infinix Note 12 (202

Desain Menawan

Infinix Not 12 2023 punya tampilan yang cukup elegan dan mewah di bagian bodinya. Pertama series ini punya tiga pilihan warna trendy, yakni Volcanic Grey, Tuscany Blue dan Alphine White.

Kebetulan kami coba yang Alphine White.

Di bagian punggungnya, Smartpone ini terlihat simple nan luas. Untuk bagian frame (bingkai) kamera, terlihat sedikit mengkilap di banding bagian lainnya.

Bentuk bingkai kamera belakang yang berbentuk lingkaran besar dengan LED flash di bagian bawahnya terlihat cukup artistik. Infinix Note 12 2023 terasa seperti smartphone kelas menengah yang keren.

Infinix Note 12 2023 memiliki model frame atau tepi bodi datar yang memberikan kenyamanan saat bermain game dalam posisi landscape atau horizontal. Layarnya memiliki ukuran 6,7 inci dan menggunakan panel AMOLED dengan resolusi FHD+ True Colour. Sayangnya, refresh rate layarnya masih terbatas pada 60Hz, padahal saat ini 90Hz dianggap sebagai standar minimal untuk pengalaman bermain game.

Layar Infinix Note 12 2023 memiliki poni kecil yang menampung kamera depan. Sekali lagi, disayangkan bahwa refresh rate layarnya tidak mencapai 90Hz meskipun menggunakan panel AMOLED.

Fitur dan Interface yang Menyenangkan

Infinix Note 12 2023 dilengkapi dengan sistem operasi XOS 12 berbasis Android 12, sama seperti yang digunakan oleh Infinix Zero Ultra sebelumnya. Tampilannya cerah dengan navigasi yang mudah dipahami.

Ada dua fitur menarik yang kami temukan, yaitu Theft Alert dan Peek Proof. Theft Alert adalah fitur keamanan yang akan memberikan peringatan jika smartphone terhubung ke charger dan akan berbunyi jika ada yang mencabutnya tanpa mematikan Theft Alert.

Fitur Peek Proof menyediakan kolom di bagian tengah layar yang memungkinkan akses ke berbagai aplikasi dengan jelas, sedangkan sisi atas dan bawah kolom akan gelap untuk mengurangi keterbacaan.

Infinix Note 12 2023 juga menyediakan dashboard yang dapat diakses saat bermain game. Bagi yang mencari fitur NFC, smartphone kelas menengah ini juga telah dilengkapi dengan fitur tersebut.

Fitur lain yang dapat ditemukan pada bodinya adalah sensor sidik jari yang terletak di tombol Power. Infinix Note 12 2023 juga memiliki jack audio untuk earphone dan menggunakan port USB-C.

Resolusi Kamera 50 MP

Infinix Note 12 2023 memiliki tiga kamera belakang dengan kamera utama 50MP PDAF, kamera sensor depth 2MP, dan kamera AI. Fitur Super Night telah disediakan untuk pengambilan foto dalam kondisi cahaya rendah.

Kualitas foto dari kamera ini memuaskan sesuai dengan kelasnya sebagai smartphone kelas menengah. Kamera depan memiliki resolusi 16MP yang sudah cukup untuk kebutuhan fotografi mobile.

Performa dan Baterai Mumpuni

Infinix Note 12 2023 menggunakan chipset MediaTek Helio G99, yang telah digunakan oleh beberapa perangkat di Indonesia. Ini didukung oleh RAM 8GB yang dapat ditingkatkan menjadi 13GB melalui fitur yang disediakan, dan memiliki penyimpanan internal 128GB.

Hasil pengujian benchmark menunjukkan bahwa Infinix Note 12 2023 dengan chipset yang sama memiliki performa yang bersaing dengan pesaingnya. Pengujian daya tahan baterai menggunakan PCMark menunjukkan bahwa smartphone ini dapat bertahan selama 11 jam 55 menit.

Infinix Note 12 2023 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang memberikan daya tahan yang memuaskan. Kami hanya perlu mengisi dayanya sekali sehari.

Pengisian daya cepat 33W juga menjadi keunggulan dari kombinasi kapasitas baterai yang besar. Performa bermain game pada Infinix Note 12 2023 cukup baik, bahkan mampu menjalankan Genshin Impact dengan kualitas grafis tertinggi pada 30fps. Meskipun refresh rate layarnya hanya 60Hz, performa ini sudah memuaskan.

Kesimpulan: Review Smartphone Infinix Note 12 (2023)

Menurut Digital Daily.ID, smartphone Infinix Note 12 2023 menawarkan spesifikasi yang memuaskan untuk kelasnya dan mampu bersaing dengan pesaingnya, ditambah dengan adanya fitur NFC. Namun, sayangnya, penggunaan panel layar AMOLED tidak diiringi dengan refresh rate 90Hz. Tetapi, secara keseluruhan, Infinix Note 12 2023 bisa menjadi pilihan menarik di antara smartphone dengan chipset MediaTek Helio G99.”

Meskipun ada beberapa penurunan frame rate sesekali, secara keseluruhan masih memberikan pengalaman yang baik. Disarankan untuk menurunkan pengaturan grafis agar mendapatkan frame rate yang lebih tinggi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top