Putri Ariani Belajar di Sekolah Pakai Screen Reader, Apa itu?

Putri Ariani, pemenang Golden Buzzer di America’s Got Talent (AGT) 2023, mengungkapkan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, bahwa ia belajar dengan bantuan screen reader.

Lantas Apa Itu Screen Reader?

Putri menjelaskan kepada Menteri Nadiem, “Di sekolah, saya belajar dengan cara sendiri menggunakan teknologi. Saya menggunakan ponsel dan laptop biasa, dan kemudian dibantu oleh screen reader. Saya dapat mengarsipkan materi pelajaran sendiri di laptop.”

Namun, apa sebenarnya screen reader itu? Dan siapa yang biasanya menggunakannya?

Screen reader adalah perangkat lunak yang dapat membacakan teks yang terdapat di layar, dengan output berupa suara. Screen reader umumnya digunakan oleh teman-teman dengan kebutuhan khusus yang memiliki keterbatasan penglihatan dalam mengoperasikan komputer dan perangkat lainnya. Selain untuk teman dengan keterbatasan penglihatan, screen reader juga sering digunakan untuk membantu orang dengan disleksia.

Baca juga: Buruan Hapus! Ratusan Aplikasi Android Ini Disusupi Malware-Sedot Isi Rekening

Pengguna dengan kebutuhan khusus seperti tunanetra atau memiliki penglihatan terbatas dapat memanfaatkan screen reader untuk menavigasi situs web, aplikasi, dan permainan dengan menggunakan kombinasi tombol atau gerakan tangan tertentu.

Menurut Vision Australia, seperti yang dilansir pada Senin (12/6/2023), terdapat banyak aplikasi screen reader yang tersedia untuk berbagai sistem operasi. Contohnya, untuk sistem operasi Windows terdapat Job Access With Speech (JAWS), Narrator, dan Non Visual Desktop Access (NVDA). Sementara itu, VoiceOver digunakan untuk perangkat iOS, dan TalkBack untuk perangkat Android. Beberapa screen reader lainnya meliputi Windows Eyes, SuperNova, System Access, dan Thunder. Terdapat juga pembaca layar yang luar biasa yang terintegrasi pada Chromebook yang dikenal sebagai ChromeVox.

Dalam penggunaannya, pengguna screen reader dapat meminta berbagai hal. Mereka dapat memerintahkan screen reader untuk membaca atau mengeja kata, membacakan kalimat atau seluruh teks, membaca menu dalam sebuah situs web, hingga memberitahu posisi kursor pada komputer. Beberapa screen reader bahkan dapat digunakan dengan tampilan Braille.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top