8 Strategi Digital Marketing UKM Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis

Strategi Digital Marketing UKM

Saat ini Strategi Digital Marketing UKM banyak ditempuh oleh para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnis di era industry 4.0.

Memang saat ini arah pergerakan ekonomi kian hari kian terasa. Terutama di dunia digital dan internet. Persaingan bisnis pun makin ke sini makin mengerucut pada persaingan digital (digital war).

Sebagai contoh, Kita lihat saja perusahaan-perusahaan fintech berlomba-lomba untuk memberikan layanan melalui online. Alhasil pinjaman online bertebaran di mana-mana. Terlepas dari tindakan-tindakan penyalagunaan, artinya semuanya kian menyadari akan pentingnya muncul di dunia maya. Strategi Digital Marketing adalah sebuah keniscayaan bagi pelaku usaha dan bisnis terutama UKM.

Contoh lain adalah pengusaha kuliner. Restoran, warung makan, cafe, warteg saat ini kalau tidak muncul di go-food atau grab food sudah pasti akan ketinggalan.

Dunia digital adalah kue besar yang sangat sayang jika tidak dimanfaatkan.

Dikutip dari kompas.com, perputaran uang di internet hingga tahun 2020 diperkirakan akan tembus angka 180 T. Sebuah angka yang tidak main-main. Bayangkan jika kita bisa mendapat bagian dari kue raksasa itu.

Tidak usah banyak-banyak, 0,1% saja maka nilainya sudah mencapai 180 juta rupiah.

Karena itu pengusaha UMKM harus melek digital.

Mulai sekarang harusnya kita sudah punya strategi digital marketing yang mumpuni untuk memasuki era informasi ini.

Sudahkah anda?

Jika belum, yuk kita simak poin-poin strategi digital marketing UKM berikut ini.

Strategi Digital Marketing UKM #1: Miliki Website

Ketika berbicara tentang digital marketing, maka hal pertama dan paling utama untuk anda lakukan adalah memiliki website.

Eiitss, bukan sembarang website.

Tapi website yang mampu memperkokoh brand anda sekaligus mampu memenuhi kebutuhan target pasar bisnis anda.

Karena itu penting bagi anda untuk menentukan dan memahami siapa target pasar bisnis anda. Sebab untuk merekalah kita mendesain semua strategi digital marketing kita.

Ada banyak manfaat website untuk usaha anda. Seperti meningkatkan brand awareness bisnis anda, sebagai pusat informasi, customer service, marketing support dan masih banyak lagi.

Sebuah website ibarat kantor/toko anda di dunia online. Dan dia buka 24 jam 7 hari seminggu.

Jika membutuhkan jasa pembuatan website silahkan klik di sini!

#2: Akun Social Media

Jika belum punya social media, maka sudah saatnya sekarang anda membuatnya. Paling tidak Facebook fan page dan IG Bisnis.

Ini adalah 2 raksasa besar di social media.

Facebook memiliki pengguna social media terbesar di seluruh dunia dengan jumlah pengguna saat ini mencapai 2,38 M orang di seluruh dunia. Bisa anda bayangkan ada 2 Milliar lebih orang yang menjadi pasar di facebook. Sementara Indonesia menempati urutan ke-empat pengguna facebook dengan total pengguna 120 juta orang.

Jumlah pengguna facebook
Jumlah Pengguna Facebook | Img Source: CNBC Indonesia

Dan angka ini terus bergerak naik. Sangat sayang jika anda tidak memasukkannya dalam list strategi digital marketing UKM anda.

#3: Email Marketing

Strategi email marketing saat ini masih menjadi salah satu primadona bagi para pelaku digital marketer. Begitupun para pengusaha UKM yang ada.

Email marketing dianggap memiliki kekuatan tersendiri dibanding dengan social media, sebab pesan yang ingin kita sampaikan bisa terkirim dengan tepat kepada orang yang tepat.

Lantas bagaimana dengan pelaku bisnis UKM?

Anda bisa menggunakan strategi email marketing untuk mengirim pesan kepada customer-customer anda. Tanpa terkesan spam. Sehingga customer menjadi semakin setia kepada anda.

Simplenya, gunakan layanan email marketing service seperti getresponse, aweber, dan lain-lain. Kalau anda prefer layanan dalam negeri, juga ada salah satu yang rekomended adalah kirim.email.

#4: Local Business Directory Listing

Salah satu strategi yang paling mudah dan cukup ampuh adalah menggunakan local bisnis directory seperti google my business.

Local business directory adalah memasang produk/bisnis anda di layanan pencarian lokal. Targetnya adalah untuk menjangkau orang-orang yang ada di daerah anda.

Inilah salah satu kekuataanya. Melalui google my business, orang-orang yang ada di wilayah anda.akan dengan mudah menemukan bisnis anda ketika mereka melakukan pencarian di google.

Contoh ketika saya mengetik “Klinik Hipnoterapi di Makassar” maka google memunculkan layanan klinik hipnoterapi terdekat dari lokasi saya.

google my business hipnoterapi di makassar
Local business directory “Klinik Hipnoterapi di Makassar

#5: Konten Marketing

Konten marketing berarti anda menggunakan konten bermanfaat sebagai media pemasaran bisnis anda.

Konten ini bisa berupa artikel, gambar, infografis, video, ebook pdf, dan lain sebagainya.

Satu hal yang harus anda pastikan dalam memberikan konten adalah konten itu harus bermanfaat dan relevan bagi target pasar anda sekaligus berhubungan dengan bidang bisnis anda.

Pada gilirannya konten tersebut yang akan anda gunakan untuk mengarahkan konsumen untuk membeli produk anda.

Karena itu konten marketing sangat layak masuk ke dalam strategi digital marketing ukm anda.

#6: Search Engine Marketing

Search Engine Marketing (SMM) singkatnya adalah strategi pemasaran dengan memasang iklan di hasil pencarian Search Engine seperti google, yahoo, bing dan lain-lain.

Ketika seseorang menggunakan google untuk mencari informasi, maka google akan menampilkan list hasil pencarian yang paling relevan.

Nah, dengan SMM anda bisa memasang iklan kepada google untuk menempatkan bisnis anda di urutan pertama hasil pencarian tersebut.

Besarnya biaya iklan tersebut tergantung pada tingkat kompetisi kata kunci iklan yang anda target.

Strategi DIgital Marketing UKM #7: Search Engine Optimization (SEO)

Kalau anda tidak ingin mengeluarkan biaya iklan untuk search engine, anda bisa menggunakan cara gratisan yang juga sangat ampuh. Hal itu disebut Search Engine Optimization.

Hanya saja SEO butuh proses dan usaha untuk melakukannya. Anda harus melakukan optimasi SEO pada website anda (on page SEO) dan juga di luar website anda (off page SEO).

Jika anda membutuhkan jasa optimasi SEO agar bisnis anda muncul di halaman pertama google, silahkan hubungi kami di sini.

#8: Social Media Marketing

Social media marketing sama halnya dengan Search Engine Marketing, yakni anda sama-sama membayar iklan untuk bisnis anda.

Nah social media marketing berarti anda membayar iklan ke social media seperti facebook (FB ads), Instagram (IG Ads).

Banyak pengusaha/pebisnis online yang menggunakan facebook ads maupun instagram ads sebab mereka punya kekuatan yang besar dalam menjangkau target pasar yang tepat sasaran.

Anda bisa menarget orang berdasarkan usia, wilayah, jenis pekerjaan, hobi, bahkan sampai pada jenis smartphone apa yang digunakan.

Katakanlah anda memiliki bisnis toko perlengkapan bayi. Maka anda bisa memasang fb ads untuk memperkenalkan bisnis anda hanya pada ibu-ibu muda, yang memiliki anak, yang tinggal di lokasi tertentu.

Itulah hebatnya social media marketing. Menarget orang-orang yang memang membutuhkan bisnis anda. Dengan kata lain, iklan anda menjadi tepat sasaran.

Kesimpulan

Petumbuhan dunia digital semakin menggeliat. termasuk dalam dunia bisnis dan usaha. Jika anda tidak ingin ketinggalan dalam sembilu yang menyedihkan, sebaiknya anda mulai untuk merancang strategi digital marketing ukm anda.

Jika membutuhkan salah satu dalam layanan di atas, silhkan menghubungi kami di sini. Atau chat langsung ke WA kami di wa.me/628875840670

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *