Panduan Strategi Pemasaran Online Bagi UKM Untuk Melejitkan Bisnis

strategi pemasaran online

Strategi Pemasaran Online UKM – Semakin ke sini, persaingan bisnis makin mengerucut pada digital war (persaingan dunia digital). Sebuah bisnis yang tidak bisa menggunakan kekuatan digital, bisa dipastikan akan kehilangan pasar yang sangat besar.

Persis seperti kata Bill Gates,if your business is not in the internet, then your business will out of business.” (Jika bisnis anda tidak eksis di internet, maka bisnis anda akan hilang dari peredaran).

Maka selaku pemilik bisnis UKM ataupun tenaga pemasar, anda dituntut untuk mampu memetakan sebuah strategi yang tepat guna, agar bisa juga bersaing di dunia online. Bahkan bisa bertumbuh menjadi makin sukses.

Hebatnya, begitulah dunia online.

Semua punya peluang yang sama besarnya untuk bertumbuh dan menoreh sukses besar.

Lantas bagaimana strategi pemasaran online yang powerful bagi bisnis UKM untuk membantu meningkatkan penjualan?

Mari kita kulik…

Mengapa UKM harus go-online

Hanya ada 2 alasan kenapa bisnis anda harus Go-Online. Dan 2 alasan ini sudah sangat cukup untuk anda.

  1. Customer anda sudah go-online
  2. Pesaing anda juga sudah go-online

Artinya kalau anda tidak Go-Online yang anda betul-betul ketinggalan. Terpinggirkan. Dan perlahan mati mengenaskan.

Menurut David L. Rogers, Profesor Marketing dari Columbia Business School, karakteristik konsumen jaman now sangat-sangat berbeda dengan konsumen jaman nenek kita dulu.

Setidaknya ada 5 karakteristik khusus dari perilaku konsumen digital sekarang, yakni; Akses, engage, customize, connect dan collaborate.

5 karakteristik pelanggan
Consumer Network – David Rogers

Intinya mereka terlalu dibuat nyaman dengan kemudahan era tekhnologi. Mereka malas dibuat ribet dengan bisnis konvensional. Itulah mengapa go-jek, grab, tokopedia begitu diminati.

Kapan Bisnis Saya Harus Go-Online?

Jika anda tidak berpikir untuk go-online sekarang, maka anda akan semakin jauh ketinggalan oleh pelanggan dan pesaing. Jangan sampai itu terjadi.

Sekarang adalah waktu yang paling tepat untuk mulai go-online. Sebagaimana pun ukuran bisnis anda.

Tapikan bisnis saya masih industry rumahan? Belum punya kantor? Belum punya karyawan banyak?”

Hey, wake up! Itu semua tidak penting. Anda jago masak kepiting asam manis tapi belum punya warung makan? Mulai aja dulu! Daftar di go-food dan grab food.

Anda punya produk kerajinan tangan? Mulai aja jualan di marketplace seperti bukalapak dan tokopedia.

Bisa make up/rias pengantin? Kenapa gak upload foto-foto di facebook dan ig?

Apalagi jika bisnis anda benar-benar sudah berjalan, sekaranglah saatnya go online.

Dengan strategi pemasaran online yang akan kita bahas di artikel ini, anda tidak perlu bingung bagaimana memulainya.

Prinsip Penting tentang strategi pemasaran online

Namun, sebelum anda lebih jauh menerapkan strategi pemasaran online untuk bisnis anda, ada beberapa prinsip penting yang harus dipahami terlebih dahulu.

Ini adalah strategi untuk mencapai tujuan bisnis anda. Karena itu anda terlebih dahulu harus punya arah dan tujuan yang jelas.

Meski namanya strategi pemasaran online, bukan berarti serta merta melakukan pemasaran produk di berbagai platform online.

Inilah kesalahan fatal yang banyak dilakukan oleh pebisnis yang ingin go online.

Apa yang ingin anda capai dengan go online? Kemana semua upaya ini akan berakhir? Bagaimana mengukur kalau kita sudah berhasil atau belum?

Prinsip penting kedua adalah apa yang ingin anda berikan kepada orang-orang yang anda jangkau? Ingat dunia online begitu dinamis. Pelanggannya juga. Kalau anda hanya berniat datang jualan produk supaya dapat uang, anda tidak akan dipedulikan. Semuanya sia-sia.

Pelanggan jaman now, punya begitu banyak pilihan. Dan jelas mereka ingin mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari sebuah brand.

Jadi mari kita bahas kedua poin penting ini;

#1. Apa Tujuan dari Strategi Pemasaran Anda?

Anda tidak bisa tidak punya tujuan. Juga tidak bisa punya banyak tujuan sekaligus. Harus ada satu tujuan yang jelas, spesifik dan terukur.

Dengan punya tujuan yang jelas, kita bisa menentukan teknik, channel dan strategi pemasaran online seperti apa yang kita butuhkan.

So, apa tujuan anda go online? Apakah itu;

  • Memperkokoh Brand Awareness perusahaan?
  • Menjangkau pelanggan yang lebih luas?
  • Meningkatkan penjualan produk?
  • Menjalin relasi dengan pelanggan setia?
  • Merekrut reseller/agency di berbagai kota?

Setiap tujuan membutuhkan strategi, teknik dan channel yang berbeda.

#2. Siapa Buyer Persona Anda?

Buyer personal adalah representasi dari target market yang ingin anda layani. Tentu kita tidak bisa mengatakan bahwa target market kita adalah semua orang.

Mengapa ini penting? Sebab merekalah orang-orang yang akan mengeluarkan uangnya untuk anda. Merekalah orang yang akan anda layani. Mereka juga nanti akan menceritakan bisnis anda kepada teman-temannya.

Masa iya, kita tidak kenal dengan mereka. Kan kebangetan!

Bahkan para pakar/guru internet marketing mengajarkan bahwa buyer persona jauh lebih penting dari strategi marketing itu sendiri. Lebih penting dari produk. Dan lebih penting dari uang.

Lantas bagaimana menentukan target market dan buyer persona? Anda bisa pelajari di sini!

Strategi Pemasaran Online Vs. Channel Pemasaran Online

Kalau anda mencari artikel tentang strategi pemasaran online di luar sana, maka anda hanya akan disuguhkan dengan poin-poin seperti SEO, website, social media marketing, dan lain sebagainya. Padahal sejatinya itu hanya channelnya.

Tapi pertanyaanya, channel-channel itu semua mau diapakan? Bagaimana caranya supaya channel itu mampu membantu kita mencapai tujuan kita?

Nah, karena itu kita perlu memahami perbedaannya. Yang mana yang strategi dan yang mana channel.

Singkatnya begini:

Contoh Penerapannya…

Supaya lebih paham, kita kasi contohnya:

Semisal saya punya bisnis menjual madu untuk kesehatan pria dewasa. Tujuan saya adalah ingin merekrut reseller di seluruh indonesia. Jadi dalam hal ini target pasar saya adalah para pebisnis online/reseller bisa jadi mereka ibu rumah tangga yang ingin bisnis sampingan atau mahasiswa yang juga ingin belajar bisnis online.

(ingat ya, buyer persona pemasaran online saya bukan pria dewasanya, sebab tujuan saya untuk menjangkau reseller).

Maka dalam hal ini saya menentukan channel pemasaran online adalah: website, whatsapp dan facebook. Itulah media yang akan saya gunakan untuk menjaring reseller.

Selanjutnya apa yang saya lakukan dengan media itu? Itulah strategi! Misalnya dalam hal ini, saya menerapkan strategi Lead Magnet di website untuk mengumpulkan database email calon reseller.

Di facebook saya lebih banyak memposting peluang bisnis menguntungkan dari produk saya. Bukan manfaat produknya. Sebab tujuan saya untuk menjaring reseller.

Next, maka saya susunlah strategi marketing online yang akan saya lakukan. Berisi langkah-demi langkah apa yang harus saya lakukan.

Misalnya dalam hal ini:

  1. Membuat website dan landing page reseller
  2. Menginstal autoresponder untuk email marketing
  3. Membuat lead magnet berupa ebook bermanfaat.
  4. Membuat facebook page untuk bisnis saya.
  5. Memposting 4 x sehari tentang peluang bisnis
  6. Nimbrung di group-group bisnis dan reseller
  7. dan selanjutnya.

Ini hanyalah contoh. Tujuannya agar anda paham membedakan antara channel dan strategi pemasaran online.

Hal-Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Membuat Strategi Pemasaran Online

Oke, sampai sini anda pasti sudah paham mana channel dan mana strategi pemasaran online.

Selanjutnya tinggal menyusunnya.

Tapi sebelumnya, ada hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum kita melangkah lebih jauh.

  1. Akun Email Bisnis. Pastikan bahwa anda memiliki akun email khusus untuk bisnis. Dan berbeda dengan akun email pribadi. Ingat, ini adalah bisnis, so anda harus terlihat profesional. Lebih baik lagi kalau menggunakan email dengan nama domain sendiri seperti, [email protected]
  2. Material Branding. Dalam hal ini, kita anggap anda sudah punya logo perusahaan dalam berbagai format file, minimal JPG dan PNG transparant.
  3. Produk dan sistem pelayanan pelanggan. Ya, saya yakin semua pasti sudah punya produk. Tinggal memastikan semua sistematikanya. Berapa harga, bagaimana sistem pengiriman barangnya (kalau bentuk barang), bagaimana sistem pembayarannya, dan lain sebagainya.
  4. Nomor Telepon kontak bisnis anda. Nomor yang anda gunakan untuk berhubungan dengan pelanggan.

Semua hal ini harus sudah siap sebelum membuat strategi pemasaran online. Sebab memang dalam hal ini kita tinggal fokus pada memasarkan produk/jasa dan bisnisnya.

7 Channel/Media Pemasaran Online Yang Powerfull Untuk UKM

Di atas kita sudah membahas tentang perbedaan channel, tekhnik dan strategi dalam pemasaran online.

Sebenarnya ada banyak sekali channel pemasaran yang ada di internet. Tinggal bagaimana kita memilih channel mana yang paling cocok untuk bisnis kita.

Nah, di sini kami telah memilih 7 channel yang paling cocok untuk UKM untuk membantu pemasaran online-nya.

#1. Website

Tak dipungkiri, website adalah pintu gerbang anda untuk go online. Dengan website anda bisa memperkenalkan bisnis anda ke seluruh indonesia. Bahkan dunia.

Jika belum punya website, saran kami segera buat website anda sekarang juga. Anda bisa mulai dengan membeli domain dan hosting. Kemudian membuat website anda sendiri.

Namun pastikan bahwa website anda memang benar-benar optimal, responsive dan teroptimasi SEO. Sebab percuma saja punya website tapi tidak dioptimasi.

Jika membutuhkan jasa pembuatan website untuk UKM anda bisa menggunakan layanan pembuatan website dari celebes web.

Dengan mempercayakan proses pembuatan website anda pada profesional, anda memastikan bahwa strategi pemasaran online anda berjalan dengan benar.

#2. Google My Business

Google My Business adalah tools gratis yang disediakan oleh google untuk membantu para pelaku bisnis dan UKM memperkenalkan bisnisnya di internet.

Yakni dengan cara memunculkan website bisnis anda di hasil pencarian lokal.

Sebagai contoh, kalau saya mencari “katering murah“, Maka google secara otomatis akan memunculkan bisnis terkait yang paling dekat dengan lokasi saya. Ini tentu sangat menguntungkan baik pengunjung maupun pemilik bisnis.

Catering murah yang ada di daerah lain tidak perlu muncul sebab memang saya tidak membutuhkannya.

strategi pemasaran online google my business

Menurut data dari chatmeter.com, sebanyak 46% dari total keseluruhan pencarian di google adalah pencarian lokal. Ini angka yang sangat tinggi untuk diabaikan.

#3. Social Media

Tidak bisa dipungkiri, social media adalah tempatnya orang-orang berkumpul di dunia maya. Kemungkinan target pasar anda juga ada di sana.

Maka, anda juga kudu hadir di sana.

Namun social media mana yang paling cocok untuk UKM?

Jawabannya adalah tergantung di mana target pasar anda berada. Kalau mereka adalah anak-anak millenial yang suka eksis, bisa jadi tempatnya di IG. Tapi kalau anda menyasar keluarga, paling cocok di facebook.

Apabila bisnis anda ingin menarget para profesional, maka kudu pake LinkedIn.

Begitulah, semua tergantung target pasarnya.

#4. Google Adwords

Google adalah tempat 65% orang di seluruh dunia mencari informasi. Anda juga bisa memanfaatkan kekuatan ini untuk memperkenalkan bisnis anda di dunia online.

Menurut data dari internetlivestat.com, ada sekitar 40.000 pencarian per detik dilakukan di google. Atau sekitar, 3,5 milliar per hari.

image source: internetlivestat.com

Angka yang sangat massive.

Untuk beriklan, google punya program google adwords. Google adword akan menempatkan iklan anda di tempat-tempat paling relevan dengan pengunjungnya.

Misalnya, jika anda mengetik sesuatu di google, maka akan muncul hasil pencarian teratas dengan label “iklan” di bawahnya. Inilah orang-orang yang beriklan menggunakan google adwords.

Iklan google juga muncul di website-website yang bekerja sama dengan google melalui program google adsense. Sekali lagi, iklan hanya ditempatkan di tempat yang relevan.

#5. Youtube

Youtube adalah situs video sharing terpopuler saat ini. Bahkan posisinya sudah menjadi yang paling banyak diakses.

Anda bisa menggunakan youtube untuk melakukan strategi pemasaran online. Dengan mengupload berbagai video bermanfaat, anda bisa menjaring banyak subscriber untuk bisnis anda.

Jika goals anda adalah membangun brand awareness, maka youtube adalah media yang sangat ampuh.

#6. Social Media Marketing

Selain membuat akun dan memposting konten, anda juga bisa memanfaatkan social media untuk beriklan. Fb ads dan instagram ads, punya fitur yang begitu powerful menjangkau target market yang tepat sasaran.

Anda ingin iklan anda hanya dilihat oleh orang-orang tertentu? Sangat bisa! Itulah salah satu kekuatan dari social media marketing

strategi pemasaran online social media
Image source: PRdaily.com

#7. Whatsapp Marketing

Mungkin selama ini kita menggunakan whatsapp untuk sekedar berkomunikasi dan saling mengirim pesan.

Namun jika dikelola dengan baik, ternyata whatsapp punya potensi yang begitu luar biasa. Terutama jika tujuan anda adalah untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

Kekuatan utama Whatsapp terletak pada personalisasinya. Di mana anda bisa terhubung secara personal dengan pelanggan dan target market anda.

Kekuatan lain adalah sebagai media untuk mengelola database pelanggan. Dengan bantuan aplikasi tertentu, Whatsapp bisa menjad media pemasaran online yang sangat-sangat sangar.


Nah, itulah 7 channel pemasaran online yang cocok untuk bisnis dan UKM. Pertanyaannya channel mana yang akan anda coba?

Tentu jawabannya balik lagi ke tujuan pemasaran online anda. Setiap tujuan punya channel yang berbeda-beda. Juga berbeda dalam tekhnik dan strateginya.

Selanjutnya, kita akan bahas tentang berbagai strategi pemasaran online yang bisa anda terapkan.

Strategi Pemasaran Online Untuk Mengembangkan Bisnis

Ada banyak tekhnik pemasaran online yang bisa anda gunakan. Tapi mari kita bahas hanya yang paling penting saja.

#1. Konten Marketing

Konten marketing adalah salah satu strategi pemasaran online yang paling powerful. Mengapa powerful? Sebab Content is King.

Konten adalah rajanya. Konten marketing berarti tekhnik memasarkan konten untuk mendapatkan pembeli.

Namun bukan sembarang konten. Melainkan konten yang bermanfaat dan relevan bagi calon pembeli.

Cara kerjanya adalah, dengan menyediakan konten yang bermanfaat bagi target pasar, kemudian dari sana kita memperkenalkan tentang bisnis kita sebagai solusi dari permasalahan orang.

Agar mudah memahaminya, kita pakai contoh.

Misal Andri punya sebuah masalah. Maka Andri akan mencari solusinya di google. Anda kemudian menyediakan konten yang memberikan solusi terhadap masalah Andri di website anda. Dari sanalah kemudian, Andri mengenal tentang produk anda.

Pada gilirannya, ketika Andri ingin membeli produk seperti produk anda. Ia akan membeli dari anda. Sebab sudah terbangun hubungan yang baik dari awal.

Begitulah prinsip konten marketing. Singkatnya, anda memberikan sesuatu yang orang lain butuhkan terlebih dahulu, baru kemudian ia membeli produk anda.

Jadi tidak serta merta jualan produk sama orang. Apalagi orang yang belum kenal. Konten marketing membangun kepercayaan orang kepada kita. Melalui konten bermanfaat yang kita berikan terlebih dahulu.

Ada banyak jenis konten di internet, seperti;

  • Artikel
  • Video
  • Ebook (PDF)
  • Slideshare
  • Status Facebook
  • Foto di IG
  • Infografis
  • Gambar/Image
  • dan masih banyak lagi.

Membuat konten marketing butuh perencanaan dan strategi yang matang, agar hasilnya juga maksimal.

Jika anda butuh strategi konten marketing untuk meningkatkan penjualan online anda, kami siap bantu, klik di sini untuk melihat jasa konten marketing kami.

#2. SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah cara agar website anda muncul di halaman pertama google. Yaitu dengan melakukan optimasi di dalam dan di luar website anda.

Jika anda memiliki website maka sangat sayang kalau website anda tidak teroptimasi SEO. Sebab itu seperti punya toko tapi di tengah hutan. Tidak ada orang yang tau keberadaannya.

Karena itu sudah sepatutnya SEO masuk dalam salah satu tekhnik di strategi pemasaran online anda.

Tahukah anda bahwa 61% perusahaan besar di seluruh dunia mengaku bahwa Optimasi SEO adalah prioritas utama dalam strategi marketing perusahaannya.

Harusnya anda juga melakukannya.

#3. Email Marketing

Kalau target pasar anda menggunakan email, maka wajib hukumnya anda menerapkan teknik Email marketing dalam strategi pemasaran anda.

Tujuan utama dari email marketing adalah menangkap database pengunjung website berupa nama dan alamat email. Sehingga calon pembeli yang datang ke website kita tidak datang dan pergi begitu saja.

Dalam dunia digital database adalah emas.

Dengan memiliki database email dari orang-orang yang mengunjungi website anda, itu artinya anda bisa melakukan promosi/penjualan kepada mereka kapanpun anda mau.

#4. User-Power Strategi

Strategi ini menggunakan kekuatan user untuk membantu perusahaan melakukan pemasaran.

Seperti yang dilakukan oleh perusahaan besar seperti GoPro.

GoPro adalah perusahaan tekhnologi di Amerika Serikat, yang memproduksi kamera aksi dan mengembangkan aplikasi seluler dan perangkat lunak pengeditan video sendiri.

Di Channel youtube-nya, GoPro memposting banyak sekali video-video keren tentang tekhnik-tekhnik pengambilan gambar menggunakan kamera. Yang tidak banyak orang tahu, video-video itu kebanyakan dibuat oleh pelanggan GoPro sendiri.

Inilah yang dimaksud dengan strategi user-power. User-lah yang memasarkan produk kita.

Ingat karakteristik konsumen jaman now yang diungkap oleh Prof. David L Rogers di atas? Salah satunya adalah connect. Menggunakan prilaku ini, adalah strategi yang sangat cerdas bagi sebuah perusahaan.

#5. Influencer Power Strategi

Kalau cara ini sudah sangat banyak digunakan oleh para pelaku bisnis. Bahkan dari dulu sampai sekarang. Tapi meski begitu memang masih sangat powerful dan relevan.

Influencer power strategi berarti menggunakan kekuatan infuencer untuk mempromosikan produk anda. Mungkin bahasa kerennya adalah “endorse.”

Anda bisa manfaatkan cara ini untuk membangun trust dengan cepat.

#6. Community Power Strategi

Selain influencer, anda bisa menggunakan kekuatan komunitas untuk strategi pemasaran online anda.

Contoh praktisnya adalah mengadakan blog kontes kepada para blogger di bidang anda. Atau bisa juga mengadakan photo contest kepada komunitas photographer, atau komunitas pengguna instagram.

Meski ini berarti agak mahal karena harus keluar biaya untuk hadiah, tapi hasil yang anda dapatkan akan sangat-sangat sesuai.

Blog contest misalnya, selain produk anda dipromosikan oleh para blogger, juga secara otomatis akan memberikan backlink kepada website anda. Sehingga meningkatkan posisi website anda di google.

So, sambil menyelam minum air kan?

#7. Give away strategi

Di social media, anda bisa mengadakan give away kepada para follower anda. Selain akan menambah jumlah follower social media anda dengan cepat, juga sangat ampuh untuk menjalin engagement dengan mereka.

Sebab percuma punya followers banyak tapi, tidak ada engagementnya.

Seperti merasa sepi sendiri dalam keramaian. tsaaaahhhh!!!


Nah, itulah 7 strategi marketing yang bisa anda terapkan pada channel pemasaran online anda.

Ingat, anda tidak harus pakai semuanya. Hanya sesuaikan dengan tujuan anda dan kebutuhan target pasar anda.

Mulai Menyusun Strategi Pemasaran Online Anda Sendiri

Setelah semua ini, sekarang giliran anda menyusun strategi pemasaran anda sendiri..

Bingung harus mulai darimana?

Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tentukan tujuan yang ingin anda capai di dunia online.
  2. Kenali target pasar dan buat buyer personanya.
  3. Siapkan semua materi yang diperlukan
  4. Tentukan Channel pemasaran online anda sesuai dengan tujuan dan buyer persona
  5. Petakan setiap strategi dari setiap channel
  6. Rancang strategi konten marketing anda
  7. Install semua channel pemasaran anda, mulai dari website, social media dan lain-lain
  8. Isi channel anda dengan konten yang bermanfaat
  9. Jalankan strategi yang lain di masing-masing channel
  10. Ukur dan evaluasi hasil strategi pemasaran online anda.

Sekian artikel mengenai strategi pemasaran online bagi UKM untuk mengembangkan bisnis di era 4.0 ini. Semoga sukses untuk anda dan bisnis anda.

Salam hangat,

Team Celebes Web

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *