Kolaborasi dengan ChatGPT, Telkomsel Upgrade Asisten Virtualnya

Provider telekomunikasi Telkomsel saat ini sedang melakukan upgrade terhadap layanan asisten virtual miliknya. Kali ini, Telkomsel pakai ChatGPT untuk jawab kebutuhan pengguna.

Sebelumnya, layanan asisten virtual dari Telkomsel dikenal dengan nama Veronika. Layanan ini dibuat khusus untuk memberikan informasi dan produk Telkomsel kepada para penggunanya.

Mengutip CNBC Indonesia, Veronika kini disupport dengan teknologi AI menggunakan ChatGPT dan diklaim akan tampil lebih pintar dan humanis.

“Kita buat Veronika lebih hidup, lebih pintar, lebih cantik. Tadinya 2D sekarang jadi influencer,” kata Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu B Sigit dalam konferensi pers di kawasan Ancol, Jakarta, Jumat (21/7/2023).

Baca juga: 5 Cara Cek Nomor Telkomsel dengan Mudah Tanpa Ribet

Adi menyebutkan dengan dukungan ChatGPT, pihaknya akan terus meningkatkan kepandaian untuk Veronika. Dengan demikian pengguna telkomsel bisa mendapatkan pelayanan dengan lebih baik.

“Dengan Veronika yang baru ini kita bekerja sama dengan ChatGPT, kita kumpul terus menerus kepandaian dari Veronika agar pelanggan bisa dimudahkan terkait produk dan layanan. Dia juga menjawab lebih humanis dan menawarkan informasi yang memudahkan pelanggan,” jelasnya.

Penggunaan Teknologi AI dalam Bidang Telekomonikasi

Di samping itu Vice President Home Broadband and FMC Consumer Marketing Telkomsel Dedi Suherman menyebutkan, kolaborasi dengan ChatGPT ini adalah bagian dari respon pengembangan teknologi AI di bidang Telekomonikasi.

Dedi mengakui kemampuan ChatGPT sebagai aplikasi chatbot berbasi Artificial Intelligence, sangat luar biasa. Karena itu ia menyebutkan hal ini akan memberikan pelayanan pelanggan yang lebih baik.

“ChatGPT hanya khusus untuk Telkomsel dan Indihome sehingga pertanyaan teman-teman bisa dijawab,” jelas Dedi.

Baca juga: Instagram Siap Luncurkan Chatbot AI, Bakal Saingi ChatGPT?

Nantinya, Veronika akan merespon setiap keluhan pelanggan dan memberikan informasi terkait produk dan layanan Telkomsel dan Indihome. Dan hal ini bisa dilakukan dengan lebih mudah, cepat dan memuaskan.

“Artinya dahulu kan kita pakai mesin ya pertanyaan bebas. Beda dengan ChatGPT, ngetik kaya kita manusia aja pake bahasa gaul, dia mengerti apa action yang kita maksud membuat konsumen lebih nyaman,” kata dia.

Para pengguna Telkomsel dapat mengakses dan berinteraksi dengan Veronika melalui berbagai kanal yang telah disediakan, termasuk aplikasi MyTelkomsel dan akun Instagram Hai.veronika.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top