Tugas Digital Marketing Specialist, Jobdesk, Gaji Hingga Peluang Karirnya

Digital Marketing Specialist merupakan salah satu profesi yang sangat populer saat ini.

Lantas, seperti apa pekerjaan dan tugas Digital Marketing Specialist di perusahaan? Apa saja jobdesknya dan berapa gajinya?

Nah, di artinya ini kita akan mengupas tuntas tentang profesi pemasaran online ini.

Buat kamu yang tertarik untuk bekerja di bidang digital marketing, maka informasi ini akan sangat bermanfaat untuk kamu.

So, yuk simak baik-baik!

Apa Itu Digital Marketing Specialist?

Digital Marketing Specialist adalah seorang profesional atau praktisi marketing yang mengkhususkan diri dalam strategi pemasaran online. Dalam hal ini mereka bertanggungjawab dalam memasarkan dan membangun sebuah brand serta meningkatkan penjualan secara online.

Tugas seorang digital marketing meliputi market research, analisis kompetitor, membangun strategi dan perencanaan di berbagai channel atau platform digital.

Seorang Digital Marketing Specialist harus memiliki skill dan pengetahuan terkait berbagai jenis strategi pemasaran digital. Seperti Search Engine Optimization (SEO), Google Ads, konten marketing, email marketing, social media dan lain sebagainya.

Tak cuma itu, seorang digital marketing specialist dituntut untuk memiliki kemampuan analisa yang baik serta kreativitas dalam merancang strategi pemasaran yang menarik.

Dengan kata lain, digital marketing specialist perlu menggunakan otak kiri dan otak kanannya secara seimbang dalam menjalankan tugasnya.

Baca juga: Apa Itu Digital Marketing? Ini Pengertian, Contoh, Strategi dan Manfaatnya!

Apakah Pekerjaan Digital Marketing Specialist Menjanjikan?

Dengan kian meningkatnya perkembangan dunia digital, maka kebutuhan akan profesi digital marketing juga akan semakin bertambah. Hal ini membuat pekerjaan sebagai digital marketing specialist akan sangat menjanjikan di masa depan.

Tak cuma itu, gaji yang ditawarkan untuk bekerja di bidang ini juga terbilang sangat memuaskan.

Dikutip dari Glints dan Indeed, rata-rata gaji seorang digital marketing untuk level pemula dengan pengalaman 1-2 tahun bisa mendapatkan gaji antara Rp 5 juta rupiah. Sementara untuk level senior bisa mencapai gaji hingga 8-10 juta rupiah per bulan.

Tugas digital marketing specialist dan gajinya di Indonesia
Image: Indeed.com

Kenaikan gaji ini juga akan semakin meningkat, mengikuti jenjang karir dan lama bekerja. Misalnya bagi yang sudah mencapai level manager, gaji yang didapat bisa sampai 15-25 juta rupiah.

Menarik ya!

Baca juga: 11 Cara Belajar Digital Marketing Untuk Pemula Biar Cepat Mahir

Job Desk dan Tugas Digital Marketing Specialist

Tugas dan tanggung jawab seorang Digital Marketing Specialist bisa berbeda-beda tergantung pada perusahaan dan tingkat pengalaman masing-masing.

Namun secara umum, tugas dan job desk seorang digital marketing antara lain:

  1. Melakukan riset pasar dan analisis data terkait potensi pasar, tingkat persaingan, menentukan target market hingga channel marketing yang sesuai.
  2. Merancang dan mengembangkan strategi digital marketing dari awal hingga akhir, meliputi perencanaan, eksekusi, optimasi dan evaluasi performa berdasarkan KPI yang ditentukan.
  3. Merancang strategi konten marketing di berbagai platform digital yang digunakan seperti website, email, youtube, sosial media dan lain sebagainya.
  4. Bekerja sama team marketing lain seperti content writer, editor, grafik designer, produk manager, seo specialis, sosial media, dan lain sebagainya dalam proses pembuatan dan optimasi konten marketing.
  5. Melakukan evaluasi dan analisa performa digital marketing menggunakan berbagai tools digital seperti google analitycs, google search console, insight sosial media dan lain sebagainya. Serta mengembangkan strategi untuk perbaikan dan peningkatan ke depannya.
  6. Mengituki trend marketing terbaru termasuk penggunaan AI, perubahan algoritma mesin pencari, sosial media dan perubahan prilaku konsumen untuk diaplikasikan pada kampanye digital marketing yang dijalankan.

Nah, itulah beberapa gambaran terkait profesi dan tugas digital marketing specialist. Tertarik untuk berkarir di bidang ini?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top